MENUJU UNGGUL, UNPAB WAJIBKAN DOSEN MENEMPUH PENDIDIKAN STUDI LANJUT

UNPAB menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Dosen Tetap bersama Rektor III Bidang Tata Kelola, yang dilaksanakan di Gedung M-103 pada Kamis, 1 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang dosen tetap.

Turut hadir dalam acara ini, Ka. Sekretariat UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc, Rektor III Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Ka.BSDM) UNPAB, Dewi Nurmasari Pane, SE., MM, Dosen Tetap UNPAB, beserta tim BSDM.

Silaturahmi Dosen Tetap membahas hal-hal penting berkaitan dengan beasiswa S3 dan studi lanjutan. Terkait hal tersebut, pada pidatonya, Ka. SKUN, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc menyampaikan bahwa dosen diharapkan dapat membantu akreditasi unggul Universitas Pembangunan Panca Budi dengan melanjutkan program pendidikan doktor atau strata-3.

“Seorang dosen yang baik itu, yang pertama adalah dapat melanjutkan pendidikan doktor, yang kedua mengambil jabatan fungsional seperti lektor dan seterusnya, dan yang ketiga lulus sertifikasi dosen. Untuk melanjutkan studi lanjutan ini, UNPAB sifatnya akan memfasilitasi kebutuhan dosen yang akan melanjutkan pendidikannya, seperti menyediakan beasiswa PKY, BPI, dan lain sebagainya”, ungkap H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc.

“Untuk proses jabatan fungsional, hari ini kami menggunakan pendekatan pemasaran dan insentif, jadi akan ada masanya semua dosen tetap diminta untuk mengurus AA (Asisten Ahli), Lektor, juga Lektor Kepala. Di UNPAB juga difasilitasi beasiswa PKY yang mana seluruh biaya pendaftaran akan ditanggung UNPAB, uang kuliah per semester, anggaran penelitian, dan lain sebagainya. Untuk itu, diharapkan minat dari para dosen tetap untuk bersedia melanjutkan pendidikan ke jenjang strata-3 (S-3)”, lanjutnya.

Untuk pembukaan pendaftaran beasiswa PKY, dibuka per-semester dan untuk prosedurnya BSDM akan membagikan semua informasi ke semua grup dosen. Rektor III Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH., menjelaskan, “Untuk saat ini akan sangat sulit mendapatkan akreditasi unggul jika dosen hanya menempuh pendidikan sampai S-2, sehingga kami memohon kerjasama bapak dan ibu dosen untuk melanjutkan studinya yang mana akan difasilitasi melalui beasiswa."

"Ini adalah kewajiban dari UNPAB yang mewajibkan dosen-dosen untuk mengambil S-3 dan membicarakan kendala dan alasan kenapa masih banyak pertimbangan untuk melanjutkan studinya. Karena, untuk saat ini juga sudah sangat dipermudah, seperti perkuliahan dapat dilaksanakan secara online, bimbingan secara online, dan bapak dan ibu dosen tetap dapat mengajar meskipun sedang berada di luar kota,” ujar Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH. menambahkan.

Rektor III Bidang Tata Kelola UNPAB melanjutkan paparannya dengan pembahasan mengenai promosi UNPAB, “Diharapkan kepada bapak/ibu dosen untuk membawa minimal 2 mahasiswa baru untuk mendaftar di UNPAB. Bapak dan ibu dimohon untuk bisa bergabung di Sahabat UNPAB dan membagikan brosur di social media, untuk bersama-sama mempromosikan UNPAB. Dan yang terakhir, bapak dan ibu dapat membagikan informasi mengenai beasiswa yang ada di UNPAB kepada calon mahasiswa baru UNPAB,” pungkas Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH, di akhir pidatonya