Mengawali tahun 2022 UNPAB Menggelar Wisuda ke 67

  • timredaksi   Rabu, 05 Januari 2022

UNPAB, 05 Januari 2022.-   Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menggelar wisuda secara tatap muka pada Wisuda Ke-67 Program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma pada hari Rabu (05/01/2022) yang bertempat di SELECTA CONVENTION HALL dengan meluluskan 564 wisudawan. wisuda kali ini tampak berbeda dikarenakan orang tua atau keluarga diperkenankan untuk hadir mendampingi putra/putri terbaiknya, walau hanya 1 orang saja yang diperbolehkan. Pelaksanaan wisuda ini, tentunya tetap mematuhi protokol kesahatan, seperti mengenakan masker atau face shield, berjaga jarak, dan menjahui kerumunan. Seluruh Panitia yang terlibat dan wisudawan/ti yang akan diwisuda diwajibkan untuk menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM, anggota Senat Universitas Pembangunan Panca Budi, Ibu Hj. Sri Hayati S.H, selaku perwakilan dari Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Wali kota Medan, Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M, Ketua KADIN Sumatera Utara Bapak Ivan Iskandar Batubara, Ketua KADIN Kota Medan Bapak Arman Chandra, Rektor I Cahyo Pramono, SE.,MM, Rektor II Hasrul Azwar Hasibuan, SE., MM, Rektor III Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, S.H., M.H, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Ketua Program Studi  se-UNPAB.

Pada sambutannya, Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM menyampaikan bahwa ini merupakan hari yang sangat bersejarah dan Istimewah bagi para Wisudawan/ti dan hari yang sangat penting bagi kedua orang tua wisudawan. “Perjuangan telah menemui hasil dan keberhasilannya, dimana hari ini para Wisudawan/ti akan dilantik sebagai Diploma, Sarjana dan Magister. Perjuangan yang lebih berat lagi telah dilalui para orang tua dalam membimbing dan memberikan support kepada para wisudwan untuk mengejar cita-citanya hingga dilantik hari ini,”

Tentunya saya mewakili seluruh civitas akademika UNPAB mengucapkan selamat sekali lagi untuk para wisudawan/ti, anak tercinta, suami atau istri, saudara - saudara sekalian. Kami mengharapkan semua Lulusan UNPAB dapat terus berkarya, memberikan manfaat dan kontribusi nyata untuk masyarakat, bangsa dan negera. Ada Hikmah yang ditimbulkan dari pandemi Covid 19 dan era new normal oleh pemerintah yaitu adanya beberapa program-program dari suatu percepatan yang ditimbulkan dari industri 4.0

“Dunia Pendidikan melalui seluruh jenjang pendidikan diberlakukan pendidikan dalam jaringan (daring). Atau mereka lebih senang menyebutnya dengan belajar online. Platform learning management system (LMS) menjadi andalan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara daring. Platform yang digunakan sangat bervariasi, ini memudahkan siswa dan pengajar untuk memilih preferensi nya sendiri. Tak terasa, aktivitas seperti ini merupakan implementasi dari konsep Edukasi 4.0. yang bertujuan untutk mempermudahkan interaksi antara siswa, mahasiswa dan pengajar untuk memilih prisensinya sendiri. Kita Universitas Pembangunan Panca Budi telah menyiapkan Infrastruktur, Sumber Daya Manusia untuk dapat berada didalam revolusi 4.0 tersebut. UNPAB penuh semangat untuk mewujudakan program tersebut dengan tagline “Membangun Desa, Membangun Indonesia”. Karena kita mengetahui Strategi besar dalam transformasi ekonomi desa, dalam mendukung program pemerintah untuk memulihkan perekonomian yaitu dimulai dari pembangunan Ekonomi Desa”

Dengan Tagaline “Membangun Desa, Membangun Indoensia” UNPAB telah menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam rangka membangun desa. Yaitu MoU dengan Desa-desa yang ada di Provinsi SUMUT dalam rangka Penelitian dan Pengabdian, Melaksanakan program KKN Ke desa-desa yang merupakan program MBKM yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Merupakan salah satu Pemenang dari program WIRA DESA, dari pemerintah dalam program pembangunan desa.”

“Kita ketahui bahwa sampai saat ini Indonesia masih diliputi suasana Pandemi. Namun dalam kondisi Pandemi yang hingga saat ini, dimana kondisi yang sama-sama kita belum mengetahui kapan akan berakhir, Universitas Pembangunan Panca Budi tetap bersemangat memberikan pelayanan terhadap mahasiswa untuk kegiatan Akademik dan kegiatan-kegatan Non Akademik, terutama pelaksanaan Wisuda ke 67 yang diadakan hari ini di tengah situasi pandemi mengharuskan pelaksanaan wisuda diadakan secara ketat dan mengikuti Protokol Kesehatan, walau wisuda kali ini kita melaksanakan secara tatap muka, dan memperkenakan perwakilan orang tua atau keluarga untuk mendampingi hari yang begitu special bagi putra/putri terbaiknya.”

 “ Dengan meningkatkan profesional civitas akademika dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, maka dapat digambarkan pada masa depan, UNPAB diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan beberapa universitas kelas dunia baik yang ada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri, terutama mampu bersaing dalam Era Revolusi Industri 4.0” lanjutnya.

Sementara itu, Ibu. Hj. Sri Hayati S.H., yang dalam hal ini mewakili Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya dalam sambutannya, ia menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan Wisuda UNPAB angkatan ke-67. Saya sangat berbahagia dapat bertemu dengan anda semua wisudawan/ti secara langsung, apalagi kali ini dapat didampingi oleh orang tua, yang nantinya saya berharap dapat terus membangun negri ini. Terutama keluarga kalian. Ini merupkan langkah awal dari perjuangan kalian. Seperti apa yang dicita-citakan oleh Pendiri Yayasan kita Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Jangan Menjadi Bangsa Sampah. Bangsa yang selalu menyusahkan. Saya berdiri disini anggaplah sebagai orang tua kalian, Ibu kalian. Sebagai anak, saya berharap mulai hari  kalian tidak lagi meminta uang sama ibu atau bapak kalian, tapi mulai hari ini tanamkan, kalau kalian akan memberi untuk ibu dan ayah, dan saya harapkan para wisudawan/ti  yang akan diwisuda hari ini dapat membuka lapangan pekerjaan untuk membantu sesama saudara kita, bukan lagi mencari kerja tapi muka lapangan pekerjaan. Kita tidak tau kelak kita akan jadi apa, yang penting kemauan, usaha, kerja keras, dan berdoa. Dimanapun kalian harus terus melibatkan ALLAH SWT.

“Seluruh pengurus Yayasan Prof Dr. H. Khadirun Yahya mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah ditunjukkan sehingga kalian berhasil menyelesaikan studi dengan baik,” ungkap Ibu Hj. Sri Hayati.

 “Wisuda kali ini dengan tagline membangun desa, membangun Indonesia yang merupakan salah satu wujud dari Tamadun Mandiri Diharapkan setelah selesai mengenyam pendidikan di UNPAB dapat tetap mengimplementasikan program pembangunan desa dengan inovasi inovasi baru

 

Adapun dari 564 Wisudawan/ti sebanyak 6 Wisudawan diantaranya dinyatakan sebagai Wisudawan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) terbaik di masing-masing program studi berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan Yudisium Senat Universitas. Wisudawan tersebut yaitu, Beni Ricardo dari Program Studi Magister Ilmu Hukum dengan IPK 4.00, Nova Sari dari Program Studi Ilmu Hukum dengan IPK  3.85, Lisma Wati Program Studi Manajemn dengan IPK 3.96, Rosmaria Sianturi dari Program Studi Ekonomi Pembangunan dengan IPK 3,87, Alysya Fitri Dita dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 3.79, Anis Dari Arinto dari Program Studi Perpajakan  dengan IPK 3.68.

Dalam rangkaian acara wisuda ke 67 hari ini dilaksankannya  Penandatanganan Mou (Memorandum Of Understanding ) antara UNPAB dengan Pemerintah Kota Medan. Dan dilanjutkan dengan Penandatanganan MoA antara PRDP UNPAB dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan, beserta BALITBANG Kota Medan. Dalam rangka implementasi Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Dalam sambutannya Walikota Medan, Beliau Menyampaikan”PEMKO Medan Menyambut baik dukungan yang diberikan Universitas Pembangunan Panca Budi. Untuk mengembangkan para pelaku UMKM yang ada dikota medan dalam memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM. Dan saya mengucapkan selamat Wisuda untuk Abang/Kakak sekalian yang hari ini berwisuda besar harapan saya, untuk semuanya dapat terus meraih apa yang menjadi mimpi kalian selama ini. Dan selalu menjaga almamater kapanpun dan dimanapun”.

Diakhir sesi pada rangkaian acara Wisuda ke-67 ini, seluruh yang hadir dihibur oleh tarian daerah dari unit kumpulan anak seni dan teater Universitas Pembangunan Panca Budi. Dengan tajuk Tarian Persembahan Dendang dari Hati Sumatera Utara.