REKTOR UNPAB : KAMI DUKUNG PENUH EKSISTENSI DAN PROGRAM MUI SUMATERA UTARA

  • timredaksi   Rabu, 29 Desember 2021

MUI Sumatera Utara menggelar pertemuan atau diskusi  dengan tema “Islam Wasathiyah MUI: Harapan dan Tantangan dalam Bingkai NKRI”, Selasa (28/12). Pertemuan yang dilaksanakan di Aula MUI Sumatera Utara ini dihadiri oleh ulama, tokoh dan cendekiawan muslim utusan perguruan tinggi di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Ketua Umum MUI Sumatera Utara, Dr. H. Maratua Simanjuntak mengemukakan alasan tersendiri mengapa kegiatan silaturahmi ini dilaksanakan: “Salah satu nyang melatarbelakangi acara ini digelar adalah karena ramainya tagar BUBARKAN MUI. Bagaimana kita menyusun barisan untuk mempertahankan MUI, mempertahankan akidah umat dan menjadikan umat Islam tidak mudah dipecah belah” ucap Maratua. 

Untuk itu, MUI Sumatera Utara menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Suhaidi, SH, MH yang merupakan Guru Besar Fakultas Hukum USU dan Drs. Shohibul Anshor Siregar, M.Si yang merupakan Dosen Fisip UMSU. Kedua narasumber menyampaikan perihal pro-kontra pembubaran MUI dan penguatan konsep moderasi dan toleransi dalam perspektif Islam Wasathiyah, ungkap Prof. Asmuni 

Hadir dalam pertemuan ini, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi Dr. H. M. Isa Indrawan, SE, MM sekaligus Ketua APTISI Sumatera Utara selaku cendikiawan muslim utusan perguruan tinggi. Dalam kesempatan diskusi, Dr. H. M. Isa Indrawan, SE, MM menyampaikan bahwa “Kami (Universitas Pembangunan Panca Budi) mendukung penuh eksistensi MUI, khususnya Sumatera Utara dan siap bergandeng tangan atau bekerjasama dalam menjalankan program demi kemaslahatan umat. Namun, kami juga memberikan saran agar MUI menunjukkan independensi tanpa intervensi dan meningkatkan program bidang pengembangan ekonomi untuk menciptakan kemandirian organisasi”.

 Menurut Prof. Dr. Asmuni, MA selaku Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Umum MUI Sumatera Utara, tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk merawat silaturahmi antar ulama, tokoh dan cendekiawan muslim, lalu berdiskusi sesuai dengan tema yang dibahas sehingga melahirkan 9 rekomendasi (lihat: mui.or.id) yang baik dan mendatangkan keberkahan, sebagaimana telah disusun oleh tim perumus (Prof. Dr. Mohd. Hatta, Prof. Dr. Asmuni, Dr. Akmaluddin Syahputra, M.Hum dan Dr. Irwansyah, M.HI).