Wisuda UNPAB Ke 60 Unpab Targetkan 80 Persen Prodinya Akreditasi A

  • redaksi   Kamis, 02 Agustus 2018

UNPAB-Medan: Pada tahun 2018 ini, 13 program studi (prodi) di Unversitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) akan melakukan reakreditasi. Ini sesuai dengan program yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis (Renstra) 2019-2023 yang menargetkan 70 hingga 80 persen prodi di Unpab akan memiliki akreditasi A.

Hal itu dikatakan Rektor Unpab Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM saat menyampaikan pidato pada wisuda 713 lulusan Unpab, di Selecta Convention Hall, Jalan Listrik Medan, Selasa (31/7).

Ditegaskan rektor, tahun 2018-2019  merupakan tahun yang sangat strategis bagi Unpab. Pasalnya, berdasarkan milestone (tonggak pencapaian), Unpab memiliki beberapa program besar yang harus dilaksanakan.

”Selain menargetkan 70-80 persen prodi akreditasi A, pada pada 2019 mendatang Unpab akan melakukan reakreditasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang juga diharapkan mendapatkan akreditasi A,” kata Isa Indrawan.

Dalam Renstra 2019-2023 itu pula, kata rektor, Unpab mencanangkan dua tahap pengembangan. Tahap pertama, Unpab bercita-cita menjadi perguruan tinggi (PT) yang unggul di tingkat regional. Dan tahap kedua, Unpab bercita-cita menjadi PT yang unggul di tingkat Nasional.

Berdasarkan milestone itu, kata rektor, pada 2033 Unpab menuju World Class University atau universitas berkelas dunia dengan visi ”Menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan Iptek yang Bermanfaat bagi Kemaslahatan Umat”.

“Pada 2033, Unpab diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan beberapa universitas kelas dunia baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri,” tandasnya.

Pada pelaksanaan wisuda ke-60 ini, dari 713 wisudawan diumumkan 10 wisudawan dengan indeks prestasi komulatif (IPK) terbaik di masing-masing prodi. Yaitu, Salmiati, lulusan Magister Ilmu Hukum dengan IPK 3,94, Dery Pranata, lulusan Magister Manajemen dengan IPK 3,73.

Kemudian Mena lulusan Akuntansi dengan IPK 3,86, Muhammad Harris Darmawan, lulusan Ekonomi Pembangunan dengan IPK 3,68, Ami Natuz Zahara, lulusan Manajemen dengan IPK 3,92, Rizky Wahyuni, lulusan Ilmu Hukum dengan IPK 3,89, Teguh Purnomo, lulusan Sistem Komputer dengan IPK 3,67, dan Abdul Hakim, lulusan Peternakan dengan IPK 3,65. Lalu, Suprapti Diploma tiga (D-III) Perpajakan dengan IPK 3,76, dan Siti Sarah, lulusan Teknik Komputer dengan IPK 3,67.

Sebelum acara wisuda, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Memmorendum of Understanding (MoU) Unpab dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Karo (Pemkab)  dan Unpab dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumut I.

MoU tersebut ditandantangani langsung Rektor Unpab Dr Muhammad Isa Indrawan SE MM dan Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kepala Kanwil DJP Sumut I Mukhtar SH MM. Penandatanganan disaksikan Rektor I Ir Bhakti Alamsyah MT PhD, Rektor II Dra Irma Fatmawati SH MHum dan Rektor III Samrin SE MM. (HAM)