Kuliah Umum Teknik Elektro UNPAB : Ciptakan Masa Depan Energi yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan: Transisi Energi Menuju Net Zero Emission

  • timredaksi   Senin, 22 April 2024

(Senin, 22 April 2024), Program Studi Teknik Elektro Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menyelenggarakan Kuliah Umum yang menginspirasi dan menggugah pikiran dengan tema yang sangat relevan, "Transisi Energi: Peluang serta Tantangan Dunia Industri sebagai Pendukung Pengembangan Ketenagalistrikan Indonesia".

Hadir, Rektor UNPAB, yang diwakilkan oleh, Dekan Fakultas Sosial Sains, Hamdani, S.T., M.T, Ketua Umum MKI sekaligus Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT. PLN, Evy Haryadi, Ka. Prodi Teknik Elektro UNPAB, Pristisal Wibowo, S.T., M.T, Bidang Transisi Energi & Sustainability MKI Vice President Bisnis Development PT. PLN, sekaligus Narasumber 1, Ricky Cahya Andrian, Dosen Tetap Prodi Teknik Elektro UNPAB, sekaligus Narasumber 2, Parlin Siagian, S.T., M.T, Dosen Tetap Prodi Teknik Elektro UNPAB, sekaligus Moderator, Rahmaniar, ST., MT, Mahasiswa Teknik Elektro UNPAB, beserta praktisi industri yang berminat dalam perkembangan terkini di sektor energi, khususnya ketenagalistrikan.

Dalam kuliah umum ini, Ricky Cahya Andrian selaku Narasumber 1 membahas tentang pentingnya transisi energi dari sumber yang terbatas dan berpolusi menuju sumber yang bersih dan berkelanjutan.

“Indonesia memiliki potensi besar dalam sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, dan air, namun masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mengimplementasikannya secara efisien”, ucapnya.

Dilanjutkan dengan paparan Narasumber 2, Parlin Siagian, S.T., M.T, yang juga menekankan peran penting industri dalam mendukung pengembangan ketenagalistrikan Indonesia, bahwa kolaborasi antara pemerintah, industri, dan akademisi sangatlah vital untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan infrastruktur energi yang ramah lingkungan dan efisien.

Acara ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab yang sangat interaktif, di mana peserta dapat berdiskusi langsung dengan kedua narasumber serta berbagi pandangan mengenai tantangan dan peluang dalam transisi energi di Indonesia.

Kuliah Umum ini merupakan bagian dari upaya Universitas dalam memberikan edukasi dan inspirasi bagi generasi muda kepada mahasiswa serta memperkuat keterlibatan dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing dalam dunia kerja yang dinamis dalam menciptakan masa depan energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi Indonesia.


seminar,teknik,unpab