Fakultas Teknik UNPAB Adakan Kuliah Umum Dengan Tema Urban Agriculture Toward Resilient Cities

  • redaksi   Rabu, 01 Nopember 2017

UNPAB-Medan: Program Studi Teknik Aristektur Fakultas Teknik dan Program Studi Agroekoteknologi-Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi ( UNPAB  ) Medan pada hari jumat tanggal 20 Oktober 2017 telah melaksanakan kuliah umum dengan tema “ Urban Agriculture Toward Resilient Cities “  di Gedung Perpustakaan UNPAB dengan mengundang Bapak Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS ( Guru Besar Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor ).  Kegiatan kuliah umum ini di buka oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Ibu Najla Lubis, S.T, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh Rektor 1, Dekan Fakultas Teknik, Ka. Prodi Teknik Arsitektur, Ka. Prodi Agroekoteknologi, Dinas Pertamanan dan kebersihan kota medan, perwakilan dari IALI ( Ikatan Arsitektur Lansekap Indonesia ), Dosen UNPAB dan mahasiswa-mahasiswi dari prodi Agroekoteknologi dan Prodi Arsitektur UNPAB,  serta dari perwakilan mahasiswa Perguruan tinggi se-Kota Medan.

Masalah pertanian pada saat ini menjadi polemik besar yang tidak kunjung usai bagi bangsa ini, kini luas lahan pertanian yang terus menerus berkurang yang juga di ikuti dengan menurunnya jumlah petani, perlu di jadikan fokus perhatian untuk mendapatkan solusi terbaik bagi Indonesia. Solusi untuk mengatasi masalah berkurangnya lahan pertanian yaitu dengan pertanian perkotaan. Praktik pertanian perkotaan bisa di mulai dari skala perkarangan rumah atau lahan yang terbengkalai, Ungkap Prof. Hadi Susilo Arifin.

Konsep pertanian perkotaan ini adalah memanfaatkan ruang terbuka yang luasnya terbatas tetapi dapat memproduksi hasil pertanian yang maksimal  khususnya tanaman pangan dan hortikultura , sehingga pertanian perkotaan ini dapat di kolaborasikan dengan membuat tehnik konsep pertanian perkotaan oleh program studi Tehnik Arsitektur dan sistem budidaya pertaniannya oleh program studi Agroekoteknologi.

Pada kuliah umum ini, Prof. Hadi Susilo juga menjelaskan tentang jenis-jenis sistem pertanian perkotaan yang sudah di terapkan dan dilaksanakan oleh Negara-negara maju seperti Jepang, Singapur , dll yang sudah menerapkan sistem pertanian Hidroponik, Aquaponik, Aeroponik dan lain sebagainya. Kota yang baik merupakan kota yang dapat di mukimi oleh penduduknya dengan rasa aman, rasa nyaman dan memiliki daya dukung untuk memenuhi kebutuhan hidup masyrakatnya secara lahir dan batin.

Beliau juga memberikan semangat untuk mahasiswa yang sekarang sedang kuliah mengambil jurusan di Agroekoteknologi, karena pada dasarnya yang menghidupkan Negara ini yaitu berasal dari petani.  Jika suatu saat nanti kalian menjadi seorang pejabat Negara, harapannya untuk bisa lebih memperhatikan para petani agar kehidupan keluarga para petani bisa lebih sejahtera dan makmur. (MRS)