Diskusi Bersama Staf Khusus Menristekdikti KH Abdul Wahid Maktub

  • redaksi   Selasa, 11 Juli 2017

“Era globalisasi yang ditandai kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan digitalisasi tidak bisa dihindari. Justru hal ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dan dijadikan peluang bagi perkembangan dunia pendidikan tinggi ke depan. Di samping itu, agar tidak ketinggalan kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Mantan Duta Besar RI untuk Qatar ini juga menjelaskan, untuk menerobos dan meningkatkan eksistensi pergaulan internasional tentu harus menjalin relasi, networking dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di negara lain. Dan mulailah dengan terlebih dulu kita membuka diri, serta selalu berinovasi agar negara lain tertarik dan mau menjalin kerjasama dengan kita.

“Diawali dengan visi yang besar, lalu visi itu dirasakan dan dilaksanakan bersama-sama, lalu peningkatan kualitas SDM, peningkatan standar mutu layanan dan mutu lulusan, perubahan paradigma pembelajaran dari hal-hal konvensional menuju globalisasi. Kemudian, lakukan berbagai invoasi, membuka diri dan siap berkompromi dengan semua situasi dan keadaan. Ketika semua ini mampu dilaksanakan, maka akan tercipta daya saing yang menjadi kebutuhan dan daya tarik dalam membangun networking baik level nasional maupun internasional,” demikian Gus Wahid.

Sebelumnya, Rektor UNPAB H M Isa Indrawan SE MM mengungkapkan, saat ini berbagai upaya terus digalakan dalam rangka mewujudkan visi besar institusi. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri baik melalui pertukaran mahasiswa dan dosen, kerjasama research dan pengabdian kepada masyarakat.