Mahasiswa UNPAB Juara 1 Dalam Kegiatan The Next Dev 2016 di Makasar

  • redaksi   Minggu, 11 September 2016

Medan-UNPAB: Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan mendapat peringkat juara 1 nasional dalam kegiatan THE NEXT DEV 2016 yg diadakan oleh TELKOM di Fakultas Kedokteran  Universitas  Hasanudin, Makasar, dalam kegiatan ini mahasiswa UNPAB yg ikut berpartisipasi adalah M.fadly sipahutar, ariyandi , dan Abdi ,dari dari fakultas Ilmu Komputer.

Mahasiswa UNPAB  membuat aplikasi yang diberinama Zagiyan, yang menjadi aplikasi terbaik dalam rocket pitching hari itu. Aplikasi yang berbasis smartphone Android ini bertujuan membantu memberdayakan dan meningkatkan produktivitas nelayan. Zagiyan juga menjadi aplikasi favorit Yansen Kamto yang juga menjadi pembicara sekaligus juri dalam sesi rocket pitching.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur yang membantu nelayan menandai (tagging) lokasi laut yang dipenuhi banyak iklan. Aplikasi ini juga membantu para nelayan untuk memasarkan dan menjual ikannya langsung ke konsumen atau pedagang demi menghindari campur tangan tengkulak.

Dosen fakultas ilmu komputer UNPAB T. Henny Arumi mengatakan "Semoga di tahun-tahun berikutnya tetap menjadi juara dan Saran saya adalah kalau bisa seluruh tugas akhir Dan skripsi mahasiswa khususnya filkom mengarah pada aplikasi yang dapat diimplementasikan langsung di masyarakat Dan langsung menjadi produk yang dapat dipatenkan sebagai karya putra Putri  UNPAB" (rl)