Go Internasional! UNPAB bersama UPM Bangun Kolaborasi Riset dan Pengabdian, Wujudkan World Class University

  • timredaksi   Rabu, 08 Mei 2024

International Symposium Computer Science for Smart Agriculture, Education, Social Economics and Urban Planning (CSAESEUP)
_____

(08/05/24) LKRPS (Lembaga Kerjasama Riset dan Pengembangan Strategis) UNPAB melaksanakan Kolaborasi Riset antara Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). Kegiatan ini sukses digelar dengan tema, “International Symposium Computer Science for Smart Agriculture, Education, Social Economics and Urban Planning (CSAESEUP)” yang dilaksanakan di Gedung Al-Huda UNPAB.

Hadir, Rektor UNPAB, yang diwakili oleh Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Siti Anisah, S.T., M.T, Ketua Yayasan YPDHKY, Dra. H. Yasmin Siti Khadijah, Kepala Bidang Pendidikan Perguruan Panca Budi, Achmad Basyir Santoso Adiputra, S.Psi, Kepala Sekolah SMK Panca Budi Medan, Lukmanul Hakim Sitompul, S.Pd, Keynote Speaker 1, Data Security and Privacy in Smart Agriculture Networks UPM, Keynote Speaker 2, Artificial Intelligence in Developing The Livestock Sector In Rural Areas UNPAB, Sri Wahyuni, S.Kom., M.Kom, Keynote Speaker 3, Unloking the Future of Aquaponics Systems With Augmented Reality Interaction for The Young Urban Population of UPM, Prof. Dr. Rahmita Wirza, Plenary Speaker, Embarking into The Future of UPM, Prof. Dr. Masnida Hussin, Moderator, Dosen UNPAB, Eka Surya Fitriani, S.Pd., M.Hum, Pengurus DMDI dan APTISI Sumut, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sebuah langkah besar menuju kolaborasi global yang berkelanjutan, kedua Universitas ternama berkomitmen untuk melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dan Agreements (MoA) untuk memperkuat pertukaran jurnal dan laporan pengabdian antar dosen serta pertukaran mahasiswa Internasional. Kesepakatan ini, diharapkan berlangsung selama lima tahun ke depan, menandai komitmen serius untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian secara global.

MoU dan MoA ini memberikan landasan hukum bagi kerjasama lintas Negara antara kedua Universitas, yang memungkinkan pertukaran penelitian, publikasi jurnal ilmiah, dan kolaborasi dalam pengabdian masyarakat, dan membuka pintu bagi pertukaran mahasiswa Internasional.

Kolaborasi ini tidak hanya akan memperkuat kemitraan antar Universitas, tetapi juga akan memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa, membawa dampak positif yang signifikan dalam dunia pendidikan tinggi global, serta memperluas wawasan melalui pengalaman belajar yang mendalam dalam berbagai setting budaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang diperkasai oleh Ka. Lembaga Kerjasama Riset dan Pengembangan Strategis UNPAB, Uswatun Hasanah, SE., M,Si, beserta tim pengabdian yang ditutup dengan Gala Dinner di Gelanggang Mahabento UNPAB.


kerjasama,komputer,pertanian,unpab