UNPAB Kombinasikan Akademisi dan Praktisi

  • redaksi   Senin, 29 Juni 2015

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menerapkan sistem pembelajaran practical science dalam mengajar mahasiswa. Sistem pembelajaran ini diberlakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa saat menghadapi dunia kerja.

Dalam mendukung practical science, kampus mengkombinasikan dosen dari kalangan akademi dan kalangan professional atau praktisi. Jadi dosen dari kalangan akademi memberikan pelajaran mengenai teori. Sedangkan dosen dari kalangan praktisi akan memberikan kasus nyata pengaplikasian pelajaran tersebut ke dunia kerja.

“Dosen dari kalangan praktisi kita berikan juga status akademik sehingga mereka juga bisa mengajar. Apalagi mereka pasti lebih paham apa yang dibutuhkan dunia industri sehingga sangat menguntungkan mahasiswa,” kata Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Muhammad Isa Indrawan, Rabu (24/6/2015).

Selain memberikan bekal menghadapi dunia kerja, mahasiswa juga diberikan pengajaran mengenai kewirausahaan. Saat ini ada 50 mahasiswa yang dilatih, dibimbing dan difasilitasi di bawah naungan kampus.

Mahasiswa ini ada yang memulai usaha dari awal dan ada juga yang sudah mempunyai usaha sebelumnya. Para mahasiswa yang dibimbing ini juga diseleksi terlebih dahulu.

“Jadi begitu mereka menyelesaikan pendidikannya, mereka sudah mempunyai mental wirausaha. Jadi mentalnya bukan hanya mental pekerja namun mental pejuang,” katanya.

Tahun ajaran 2015/2016 UNPAB menambah kelas kerjasama dengan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. Unpab membuka konsentrasi manajemen periklanan untuk strata S-1. Ini merupakan satu-satunya di Sumatera Utara. (Wiwi Deriana)