Wagubsu Salut, UNPAB Pelopori E-Voting

  • redaksi   Sabtu, 21 Februari 2015

Medan-UNPAB: Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir HT Erry Nuradi MSi menyatakan salut kepada Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan yang memelopori e-voting atau pemungutan suara secara elektronik pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) pemerintahan mahasiswanya.

“Gebrakan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Unpab ini layak dicontoh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah. Karena dengan e-voting akan menghemat biaya yang cukup banyak,” kata Erry saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpab periode 2014-2015, di ruang Mahtab III Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan, Jumat (20/2).

BEM yang dilantik Rektor III Unpab Hasrul Azwar Hasibuan itu antara lain Presiden Mahasiswa Bobby Purwadi, Wakil Presiden Robby Darwis dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Septian Dwi Cahyo.

Hadir dalam acara itu, Rektor I Unpab M Donni Lesmana SKom, para dekan, Kepala Biro Kemahasiswaan Unpab Adian Hakim, Humas Unpab Ir Sulardi MM, mewakili Kapoldasu, mewakili Pangdam I Bukit Barisan, dan para alumni Unpab.

Bayangkan, kata Wagubsu, pemilu presiden dan legislatif menghabiskan dana puluhan triliun rupiah, dan pemilihan gubernur menghabiskan biaya puluhan miliar rupiah. Tapi dengan e-voting tentu biaya pemilu sangat bisa dihemat. Sebab, KPU tak perlu lagi mencetak kertas suara dan menyediakan kotak suara. Pemilih juga tak lagi antre di TPs dan tak kena tinta lagi. Cara penghitangannya pun sangat cepat.

“Diharapkkan ke depan Pemilu di Indonesia, baik pilkada kabupaten/kota, pilkada gubernur maupun pemilu presiden dan legislatif sudah menggunakan e-voting,” kata Erry. 

Dia mengharapkan kepada BEM Unpab yang baru dilantik bisa menjadi pelayan bagi mahasiswa yang memiliki keinginan yang beragam. Pemimpin juga harus siddiq (jujur), tablig (mampu bermokumunikasi dengan baik), amanah (menjalankan pemerintahan mahasiswa sesuai dengan peraturan yang  telah dibuat), fathonah (cerdas melihat situasi yang ada).

“Selain itu, BEM merupakan mitra perguruan tinggi dalam mendukung program kemahasiswaan serta menjadi pusat kegiatan mahasiswa untuk membentuk organisasi dan unit-unit kegiatan kampus,” tambah Erry.

BEM, kata wagub, adalah tempat belajar berorganisasi dan menjadi pemimpin bagi mahasiswa agar setelah tamat nantinya mampu menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat.

Dia juga mengingatkan, agar pengurus BEM membangun kebersamaan. Karena di dunia ini tidak ada superman. Yang ada adalah super tim agar menjadi kuat. “Pemimpin jangan memimpin sendiri, mengerjakan sendiri, dan kalau ada yang masalah tanggung jawab sendiri. Karenanya, jadilah sebuah tim dan bersama-sama dalam mengambil setiap keputusan,” tutur Erry.

Rektor III Unpab Hasrul Azwar dalam sambutannya mengimbau pengurus BEM yang dilantik menjaga nama baik almamater di dalam maupun di luar kampus. “Tunjukkan bahwa BEM Unpab memiliki memiliki attitude  yang baik dan kedewasaan menyikapi job discription masing-masing,” harapnya.

Seusai dilantik, Presiden Mahasiswa Unpab Bobby Purwadi kemudian melantik gubernur mahasiswa di seluruh fakultas yang ada di Unpab. Yakni Gubernur Fakultas Hukum Doni Gunawan Siregar, Wakil Gubernur (Wagub) Fanny Naurita, Gubernur Fakultas Ekonomi Khairil Amri, Wagub Berry Fadli, Gubernur Fakultas Pertanian Citra Era PA, Wagub Sudi Indra Mulyadi, Gubernur Fakultas Teknik Azhari Hidayah, Wagub Muhammad Afandi, Gubernur Fakultas Agama Islam (FAI) Daud Kilau, Wagub Danu Ardianto, Gubernur Fakultas Filsafat M Panca Budi Utomo, Wagub Abdullah Taslim, Gubernur Fakultas Ilmu Komputer Rico Prastyo, dan Wagub M Nur Kholis Sitepu.(HMS/Ain )