PENGENALAN DUNIA JURNALISTIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MELAKUKAN KUNJUNGAN KE HARIAN TRIBUN MEDAN

  • admin   Jumat, 23 Desember 2011

Kunjungan Lapangan mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi, pada hari kamis (21/12) di sore hari ini disambut langsung oleh Bapak Fauzan Marasabessy, selaku Wakil Pemimpin Perusahaan PT. Harian Tribun Medan, serta di dampingi oleh staff redaksi Rachmi Ayu Wulandari.  Acara diawali dengan perkenalan diri oleh dosen pendamping, bapak Efrizal Adil Lubis, SE., MA., dalam kata pengantarnya dikatakan bahwa “kehadiran mahasiswa Fakultas Ekonomi ke Tribun Medan, tidak lain adalah ingin mempelajari strategi perusahaan PT. Harian Tribun Medan yang masih dikategorikan sebuah perusahaan media cetak yang baru di kota Medan, namun mampu mengimbangi bahkan belakangan ini kelihatan Tribun Medan sudah dapat dikatakan sejajar dengan beberapa media besar di kota Medan yang usianya mungkin lebih dari 20-40 tahun lalu. Hal demikianlah yang menjadikan sebuah pelajaran bagi kami di fakultas ekonomi ini”.  
Bapak Fauzan, memaparkan profil PT. Harian Tribun Medan, yang merupakan bagian dari group usaha “Kompas Gramedia” dan memiliki koran-koran yang sama di seluruh sumatera ini, lebih kurang 20 media cetak mulai dari Aceh sampai dengan Lampung. Saat ini Tribun Medan perharinya memproduksi 70.000 – 71.000 eksemplar per harinya di Kota Medan dan sekitarnya. Dan memperkerjakan 400-500 orang di dalamnya. PT. Harian Tribun Medan dengan group Kompas Gramedia, juga memiliki perusahaan percetakan di Medan ini, saat ini terletak di Kawasan Industri Medan (KIM), serta dalam dekat akan membangun hotel di jalan Kapten Maulana Lubis, yaitu Hotel Santika Medan.
Putri, salah satu mahasiswa mempertanyakan “apakah Tribun Medan memiliki Tanggungjawab sosial bisnis? Seperti dana Corporate Social Responbility (CSR)?” oleh pak Fauzan dikatakan “Tribun Medan juga memiliki dana CSR, yang telah berpartisipasi di tengah-tengah masyarakat”. Kemudian Azmi mempertanyaan “apakah struktur organisasi di dalam manajemen Tribun sekarang mampu bertahan 5-10 tahun kedepannya?”, dan dijawab kembali oleh pak Fauzan  “struktur manajemen yang ada sekarang ini sudah diprediksikan sampai dengan tahun 2020 mendatang. Pembuatan rencana strategi perusahaan ini jauh hari telah dilakukan dengan metode BSC”.  PT. Harian Tribun Medan, juga memberikan jaminan sosial berupa asuransi kesehatan dan kecelakaan kepada staff dan wartawannya, dan dalam dekat ini juga akan mengeluarkan asuransi kecelakaan kepada loper-loper koran yang berjumlah 40.000 orang. PT. Harian Tribun Medan, kemungkinan beberapa bulan kedepan akan menempati kantor permanennya di jalan Kyia Haji Wahid Hasyim Medan.
Silih berganti mahasiswa mempertanyakan perihal manajemen, produksi, keuangan, dan tenaga kerja, semua dijawab dengan lugas dan jelas oleh pak Fauzan. Dan dipenghujung diskusi ini, dosen pendamping mahasiswa, menawarkan kesediaan Tribun untuk mengisi acara diskusi yang kelak akan digelar oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi, acara tersebut di sebut dengan “coffee morning” atau “tea afternoon” yang membahas beberapa topik diskusi, berupa bisnis, kewirausahaan, karakteristik, dan ekonomi sosial lainnya. Pak Fauzan menyatakan kegembiraannya melihat keaktifan mahasiswa UNPAB dan bersedia untuk hadir menjadi narasumber apabila di undang oleh pelaksana diskusi. Akhirnya acara diakhiri dengan menyerahkan cenderamata dari fakultas Ekonomi UNPAB kepada manajemen PT. Harian Tribun Medan, dan foto bersama di kantor Tribun Medan.