Pentingnya Meningkatkan Skill Bagi Kaum Muda di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0

  • timredaksi   Selasa, 14 Maret 2023

 

UNPAB bekerjasama dengan MNC Trijaya Medan dalam live talkshow Parlemen Goes to Campus dengan tema, "Peran Strategis Mahasiswa Terhadap Pembngunan Bangsa", yang diselenggarakan di Gedung M103 dan live streaming di MNC 95.1 FM TRIJAYA pada selasa, 14 maret 2023.

Hadir, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM, Anggota DPRD Prov. Sumatera Utara, Komisi C Fraksi Partai Gerindra Sumut, Drs. H. M. Subandi, S.T., M.M, Dosen Program Studi Ilmu Hukum, Dr. Ismaidar, S.H., M.H, Host MNC Trijaya, Amy Mauliddya, serta mahasiswa/i UNPAB.

Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM menyampaikan bahwa pemuda saat ini masih kurang berkontribusi dalam pembangunan terhadap bangsa.

”Prestasi-prestasi yang diraih pemuda harusnya dapat dikembangkan dan diimplementasikan di masyarakat. Karena, menuju Era Industri 5.0 dan Society 4.0 para pemuda diharapkan untuk fokus terhadap 1 skill dan dengan banyaknya jumlah pemuda sekarang, mereka inilah yang nantinya siap dengan banyaknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang berguna terhadap pembangunan bangsa dan menjadi start-up yang hebat”, ucap Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.

Anggota DPRD Prov. Sumatera Utara, Drs. H. M. Subandi, S.T., M.M juga mengatakan masa muda harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat yang dapat meningkatkan keahlian sehingga bisa menjadi social control terhadap pembangunan di Negara ini.

“Dengan sdm yang baik, mereka para pemuda mampu mengolah dan mensejahterakan rakyatnya. Untuk itu, marilah bersama-sama kita membangun Negeri ini, karena anak-anak Negeri mampu untuk melakukannya. Jangan hanya menjadi konsumen tapi jadilah produsen minimal bagi Negara kita sendiri. Dan tetaplah menjaga ketertiban dunia sesuai yang sudah termasuk di UUD 1945”, kata Drs. H. M. Subandi, S.T., M.M.

Dosen Program Studi Ilmu Hukum, Dr. Ismaidar, S.H., M.H, menambahkan bahwa pemuda ini memiliki tantangan yang sangat penting dalam dunia pendidikan maupun perpolitikan.

"Tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini tidaklah mudah. Dalam konteks ini, mahasiswa menempuh pendidikan yang mendapatkan ilmu dari dosennya yang kedepannya akan menggantikan posisi-posisi akademik maupun politik nantinya. Dan, peran sebagai dosen sudah dipastikan dosen akan mentransfer ilmunya dengan baik kepada mahasiswanya”, tutur Dr. Ismaidar, S.H., M.H.

Parlemen Goes to Campus ini diharapkan dapat menyadarkan peran para pemuda akan pentingnya memiliki skill/keahlian untuk ikut mendamaikan dunia dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.


kerjasama,unpab