DUKUNG KEMAJUAN TEKNOLOGI MELALUI SEMINAR MUSYAWARAH WILAYAH I PERMIKOMNAS

IMAKOM (IKATAN MAHASISWA KOMPUTER) menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Wilayah I (MUSWIL I) PERMIKOMNAS  di kampus UNPAB pada tanggal 05-07 Desember 2022. Kegiatan ini mengangkat sebuah tema besar, yaitu "Berkumpul Untuk Musyawarah, Berbakti Untuk Kebersamaan Demi Meningkatkan Solidaritas PERMIKOMNAS yang Kokoh dan Fundamental."

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan dasar pembentukan PERMIKOMNAS sebagai wadah yang bertujuan ikut serta bertanggung jawab dalam meningkatkan prestasi belajar dan mengajar dikampus masingmasing dan juga merupakan Rekomendasi dari hasil Musyawarah Wilayah I (MUSWIL I) di Universitas Pembangunan Panca Budi.

Kegiatan yang akan diselenggarakan dalam acara ini adalah perlombaan, seminar, dan bazar/pameran yang mendukung peningkatan kreatifitas dan kemampuan setiap mahasiswa dan sebagai ajang promosi untuk menarik Calon Mahasiswa/i untuk dapat bergabung menjadi bagian dari kampus Universitas Pembangunan Panca Budi.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 5 Desember 2022, bertempat di Gelanggang Mahabento UNPAB, dengan acara seremonial pembukaan MUSWIL 1, yang diikuti oleh sekitar 100 orang mahasiswa-mahasiswi delegasi perguruan tinggi yang berasal dari Aceh maupun Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan pembukaan MUSWIL I, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM, Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Cahyo Pramono, SE.,MM, Dekan Fakultas Sains & Teknologi, Hamdani ST MT, Kaprodi Sistem Komputer, Eko Harianto S. Kom.,  M.Kom, Kaprodi Teknik Komputer, Akhyar Lubis  S. Kom.,  M.Kom, Ka. Prodi Teknologi Informasi, Dr. Rian Farta Wijaya S. Kom.,  M.Kom ,

Selai itu turut hadir Koordinator PERMIKOMNAS Wilayah 1, Yusril Sinulingga, BPP PEERMIKOMNAS RI, Ibnu Haikal Lubis, BKD Bidang Komputer LLDIKTI Wilayah 1, Dr. Zulham, S.Kom, M.Kom, Konsultan IT, H. Rahmat Humala Putra Hasibuan, S.T, Presma UNPAB, Hadi Prasetya, beserta seluruh para tamu undangan.

Ketua Pelaksana MUSWIL I UNPAB, Ahmad Fernando, dalam penyampaian laporannya mengatakan, "Alhamdulillah pada hari ini kami diberikan sebuah amanah untuk menjadi tuan rumah dalam rangka acara Musyawarah wilayah. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih, salam hangat, salam sukses kepada seluruh kerabat saya atas terselenggaranya acara ini, dengan harapan berjalan dengan khidmat hingga akhir acara,” pungkasnya.

Pada kegiatan seremonial Pembukaan MUSWIL I  ini, Koordinator PERMIKOMNAS Wilayah 1, Yusril Sinulingga, juga menyampaikan kata sambutannya. “Pada hari ini, kita melakukan opening ceremony Musyawarah Wilayah I, dengan harapan kedepannya Muswil I ini akan menghadirkan regenerasi dan juga membawa kemajuan di bidang teknologi informasi yang saat ini peran mahasiswa informatika sangat berpengaruh bagi kemajuan dunia digital. Dan, terimakasih kepada Universitas Pembangunan Panca Budi yang telah menjadi tuan rumah pada kegiatan ini”, ucap Yusril Sinulingga.

Ibnu Haikal Lubis (BPP PERMIKOMNAS RI), juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kepada seluruh teman-teman perwakilan PERMIKOMNAS Wilayah I Sumut, untuk tetap melanjutkan estafet-estafet kegiatan teknologi khususnya di Wilayah I Aceh-Sumut ini, karena Wilayah I ini merupakan garda terdepan dari seluruh wilayah. Maka dari itu, kita sebagai agent of change dalam teknologi, mari sama-sama kita bentuk PERMIKOMNAS ini untuk mensejahterakan masyarakat maupun pemerintah bagi kita semua. Terimakasih kepada UNPAB atas terselanggaranya kegiatan ini”, ucap Ibnu Haikal Lubis pada akhir kata sambutannya.

Kegiatan MUSWIL I ini diikuti oleh 17 Instansi Perguruan Tinggi se-Aceh - SUMUT yang diwakili masing masing 3 orang atau lebih dan dibuka oleh presma UNPAB, Hadi Fadeli pada kata sambutannya. “Untuk mengawali seremonial kegiatan MUSWIL I ini, dengan resmi dibuka”, ucapnya.

Kegiatan ini, dilanjutkan dengan acara musyawarah Nasional yang menghadirkan 2 narasumber luar biasa, dengan tema “Sadar Akan Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital”.

BKD Bidang Komputer LLDIKTI Wilayah 1, Dr. Zulham, S.Kom, M.Kom selaku Narasumber 1 menyampaikan tentang pentingnya menjaga keamanan data pribadi di era digital. “Semakin maju perkembangan teknologi, semakin marak juga terjadinya pencurian data pribadi. Untuk itu, kita harus dapat menjaga keamanan data agar nantinya tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. 3 cara ampuh untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dari adanya kebobolan adalah, mengganti kata sandi secara berkala, memakai verifikasi 2 langkah dan juga memasang VPN berbayar”.

“Kemudian, diharapkan kepada pengguna teknologi untuk mengerti dan paham mengenai literasi digital. Karena, literasi digital mampu meminimalkan kebocoran data pribadi kepada pihak yang tak bertanggungjawab dan mengurangi resiko terjadinya kebocoran data”, lanjutnya.

Seminar dilanjutkan dengan hadirnya narasumber 2, Konsultan IT,  Rahmat Humala Putra Hasibuan, S.T, yang memaparkan mengenai bahayanya jejak digital. Ia mengungkapkan untuk senantiasa berhati-hati dengan jejak digital agar tidak memperoleh sial. “Kita tidak pernah tahu siapa lawan bicara kita sebenarnya, di internet. Untuk itu, kita wajib melindungi data pribadi karena itu adalah privasi. Jangan terlalu percaya dengan orang yang kita temui di dunia maya, oleh karena itu untuk melindungi pencurian data pribadi kita, jangan pernah posting data pribadi kita di sosial media,” pungkasnya