KIAT-KIAT LOLOS INTERVIEW KERJA, MAHASISWA UNPAB DIBEKALI WORKSHOP PEMBEKALAN KARIR

  • timredaksi   Senin, 28 Nopember 2022

   Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melaksanakan WORKSHOP PEMBEKALAN KARIR yang diikuti sebanyak 174 Mahasiswa/i UNPAB. Kegiatan ini dilaksanakan di Gelanggang Mahabento UNPAB, pada sabtu, 28 November 2022, dengan tema “Karakteristik Kebutuhan Dunia Kerja & Tantangan Tenaga Kerja Dimasa Depan”.

  Turut hadir, Ka. Urusan SAC, Zulfahmi Syahputra, S. Kom., M. Kom, beserta Tim SAC, Kepala Cabang Utama PT. TIki JNE, Dr. Fikri Al—Haq, Kepala Bagian Talent, M. Arif Taufik, S.Psi beserta mahasiswa/i Universitas Pembangunan Panca Budi. 

  Ka. Urusan SAC, Zulfahmi Syahputra, S. Kom., M. Kom, menyampaikan bahwa, “tujuan dilaksanakannya workshop pembekalan karir ini adalah untuk membentuk mindset/pola pikir mahasiswa/i mengenai persiapan yang harus dilakukan pasca perkuliahan. Seperti, tips&trick lolos interview kerja di perusahaan yang diimpikan, mengetahui lebih kurangnya diri dan tau bagaimana cara untuk mengatasinya melalui workshop pembekalan karir ini”, tutur Zulfahmi Syahputra, S. Kom., M. Kom.

  Kepala Cabang Utama PT. TIki JNE, Dr. Fikri Al—Haq , menyampaikan materi mengenai, persiapan kehidupan pasca kampus yang dibalut dalam buku yang berjudul “Quantum Life Model”.
“Ijazah adalah Kunci Gerbang Setelah masuk ke sebuah Perusahaan/Institusi, yang dibutuhkan adalah Kekuatan Visi, Misi, Target dan Strategi anda (doa, usaha, ilmu dan keyakinan). Jadi, untuk adik-adik yang ada disini, mulai sekarang sudah harus menyiapkan visi setelah menyelesaikan pendidikan dijenjang diploma/sarjana. Karena, ketika nanti kalian akan masuk ke dunia pekerjaan, pertanyaan pertama yang akan mereka haturkan adalah apakah visi dari perusahaan ini. Kemudian, selain mengetahui visi suatu perusahaan, juga harus menyiapkan visi/tujuan kita selama hidup di dunia”, ucap Dr. Fikri Al—Haq.

Di dalam buku Quantum Life, terdapat kutipan yang mana mengatakan bahwa sosok Michael Jackson mengakhiri hidupnya dengan cara tragis. Padahal, ia adalah artis ternama yang memiliki kekayaan yang berlimpah, banyak yang yang mengidolakannya dan selalu disanjung bahkan dipuja. Melalui kasus itu, dapat disimpulkan bahwa kebahagiann fisik dan emosi itu tidak membahagiakan.

“Terdapat 3 Jenis Kebahagiaan yang dikutip dari ESQ Training Center, yaitu kebahagiaan fisik (IQ), kebahagiaan emosi (EQ) dan Kebahagiaan Spiritual (SQ). Untuk itu, mulai dari sekarang adik-adik harus tentukan hal-hal apa saja yang membuat kalian bahagia. Siapkan visi, misi, target dan juga strategi untuk dapat menghadapi tantangan pasca perkuliahan”, lanjut Dr. Fikri Al—Haq di akhir pidatonya.

    Dampak dari globalisasi, sangat berkembang pesat khususnya dalam kemajuan teknologi. Untuk itu, persiapan untuk masuk ke dunia kerja harus sudah dipersiapkan sejak duduk dibangku kuliah. Kepala Bagian Talent, M. Arif Taufik, S.Psi menyampaikan, “SKILL DAN PENGETAHUAN BISA MEMBAWA KAMU BERADA DI PUNCAK, TAPI DIPERLUKAN KARAKTER YANG KUAT AGAR KAMU TETAP BERADA DISANA. Untuk itu, adik-adik mahasiswa harus mempersiapkan CV dan informasi yang kuat untuk melamar kerja disuatu perusahaan yang dituju. Dalam melaksanakan interview, juga harus menguasai public speaking yang bagus agar pihak yang melakukan interview dapat menilai dan mengakap dengan baik jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan”, lanjut M. Arif Taufik, S.Psi.

“Dan nantinya, ketika sudah memasuki dunia kerja, bersungguh-sungguhla dalam bekerja, maksimal dalam menekuni pekerjaan tersebut, berkarakter baik dan mencintai pekerjaan yang telah dimiliki. Contoh karakter yang wajib dimiliki yakni, jujur, disiplin, bertanggungjawab, juga visioner. Karena, ketika adik-adik nantinya sudah sukses, sepintar apapun kalian, attitude adalah hal yang dinomor satukan”, ucap M. Arif Taufik, S.Psi, mangakhiri workshop pembekalan karir pagi ini.