Kantor Jaminan Mutu UNPAB

Kantor Jaminan Mutu UNPAB

Penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) memperoleh kepuasan.

            Agar Penjaminan mutu pendidikan tinggi dapat dilaksanakan, maka terdapat beberapa prasyarat yang harus dipenuhi agar pelaksanaan penjaminan mutu tersebut dapat mencapai tujuannya, yaitu komitmen, perubahan paradigma, dan sikap mental para pelaku proses pendidikan tinggi, serta pengorganisasian penjaminan mutu di perguruan tinggi.

            Penjaminan mutu pendidikan tinggi dapat dijalankan melalui tahapan yang dirangkai dalam suatu proses sebagai berikut :

a. Perguruan tinggi menetapkan visi dan misi perguruan tinggi yang bersangkutan.
b. Berdasarkan visi dan misi perguruan tinggi tersebut, setiap program studi menetapkan visi dan misi program studinya.
c. Visi setiap program studi kemudian dijabarkan oleh program studi terkait menjadi serangkaian standar mutu pada setiap butir mutu sebagaimana disebutkan diatas
d. Standar mutu dirumuskan dan ditetapkan dengan meramu visi perguruan tinggi (secara deduktif) dan kebutuhan stakeholders (secara induktif). Sebagai standar, rumusannya harus spesifik dan terukur yaitu mengandung unsure ABCD (Audience, Behavior, Competence, Degree)
e. Perguruan tinggi menetapkan organisasi dan mekanisme kerja penjaminan mutu
f. Perguruan tinggi melaksanakan penjaminan mutu dengan menerapkan manajemen kendali mutu PDCA (Plan, Do, Check, Action)
g. Perguruan tinggi mengevaluasi dan merevisi standar mutu melalui benchmarking secara berkelanjutan.

 

Kantor Jaminan Mutu Universitas Pembangunan Panca Budi (KJM-U)

Untuk mendukung proses peningkatan mutu secara berkelanjutan di Universitas Pembangunan Panca Budi sesuai amanat Undang-Undang Sisdiknas no. 20/2003 tentang pengendalian dan evaluasi mutu pendidikan dan Higher Long term Strategy 2003 – 2010, Pokja Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Ditjen, Dikti 2003, Penjaminan Mutu Dikti 2003, Peraturan pemerintah no 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, maka dibentuk dan diresmikan Kantor Jaminan Mutu Universitas Pembangunan Panca Budi (KJM-UNPAB) oleh Rektor UNPAB M. Isa Indrawan, SE, MM sesuai SK Rektor nomor 025/02/R/2009 tanggal 05 Februari 2016.

Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) KJM Universitas Pembangunan Panca Budi yaitu :

  1. Merencanakan dan melaksanakan system penjaminan mutu secara keseluruhan.
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan Sistem Jaminan Mutu
  3. Memonitor pelaksanaan Sistem jaminan mutu
  4. Memonitor auditing dan evaluasi pelaksanaan jaminan mutu
  5. Melaporkan secara periodic kepada Rektor hal-hal yang berkaitan dengan implementasi system Penjaminan mutu di Universitas Pembangunan Panca Budi.

Seiring dengan perkembangan Sistem Penjaminan mutu, Pemerintah telah mengeluarkan Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permendikbud RI no 50 tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, yang menyatakan bahwa Sistem Penjaminan mutu Pendidikan Tinggi berfungsi mengendalikan Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi oleh Perguruan tinggi untuk mewujudkan Pendidikan tinggi yang bermutu (pasal 2); dan Mekanisme Sistem Penjaminan mutu perguruan tinggi yang terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) (pasal 3); maka dilakukanlah restrukturisasi Kantor Jaminan Mutu oleh SK Rektor no. 076/02/R/2014 dimana KJM-U mempunyai 2 (dua) Urusan yaitu Urusan Penjaminan Mutu AKademik (UJMA) dan Urusan Penjaminan Mutu Hukum dan Tata kelola/laksana (UJHT).

 

VISI

Tahun 2033 menjadi lembaga penjaminan mutu yang menerapkan, memonitoring dan mengendalikan sistem penjaminan mutu dan sistem manajemen mutu secara berkelanjutan guna terciptanya budaya mutu di Universitas Pembangunan Panca Budi.


MISI

  1. Mengimplementasikan dan mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu dan Sistem Manajemen Mutu di Universitas Pembangunan Panca Budi
  2. Mengimplementasikan dan Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu yang memenuhi standar Nasional dan Internasional
  3. Mengimplementasikan dan Mengembangkan Sistem Manajemen Mutu yang memenuhi kebutuhan masyarakat nasional dan internasional
  4. Mengimplementasikan budaya mutu bagi seluruh sivitas akademika UNPAB

Personil  di KJMU

Ka KJMU      : Najla Lubis, ST, M.Si

Staf KJMU    : Siti Khairunnissa, S.H

  • Urusan Penjaminan Mutu Akademik (UJMA)    :

          Ir. Tharmizi Hakim

  • Urusan Penjaminan Mutu Hukum dan tata kelola/laksana (UJHT) :

          Robi Krisna SE, M.H

 

Tupoksi KJM-U

  1. Kepala KJM-U dibawah Rektor dan bertanggungjawab kepada Rektor.
  2. Melaksanakan  pengawasan yang berkaitan dengan penjaminan mutu akademik, Hukum dan Tata Kelola di internal universitas.
  3. Memberikan rekomendasi perbaikan untuk mencapai sasaran universitas secara ekonomis, efisien, dan efektif.
  4. Mendampingi efektivitas penerapan pola tata kelola di universitas.
  5. Menangani permasalahan yang berkaitan dengan indikasi terjadinya KKN (kolusi, korupsi, dan nepotisme) yang menimbulkan kerugian universitas, bekerja sama dengan unit kerja terkait.
  6. Membantu menciptakan sistem pengendalian intern yang efektif di universitas dan memastikan bahwa pengendalian intern telah tersebut telah dipatuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Merencanakan dan menyusun Program Kerja dan Renstra KJMU.
  8. Mengkordinir proses perencanaan dan perancangan sistem dan manual penjaminan mutu melalui mekanisme kerja tim-tim/kelompok-kelompok kerja.
  9. Memberikan arahan/masukan konsepsional dan teknis tentang mekanisme dan implementasi sistem penjaminan mutu.
  10. Mengimplementasikan sistem dan proses penjaminan mutu berkerjasama dengan pimpinan universitas dan unit-unit terkait.
  11. Mengendalikan implementasi dan proses penjaminan mutu bekerjasama dengan pimpinan universitas dan unit-unit terkait.
  12. Mengkoordinir proses evaluasi sasaran mutu secara langsung maupun melalui mekanisme kerja tim-tim/kelompok-kelompok kerja.
  13. Memberikan masukan dan rekomendasi kepada pimpinan universitas dan pimpinan unit-unit terkait berhubungan dengan pengembangan sistem penjaminan mutu.
  14. Menyusun laporan evaluasi dan perkembangan sasaran mutu yang dicapai secara periodik.
  15. Berkoordinasi dengan auditor eksternal dalam melakukan audit.
  16. Berkoordinasi dengan Lembaga penjaminan mutu di tingkat fakultas/Program studi.
  17. Mengadakan koordinasi dengan unit - unit se UNPAB.
  18. Melaksanakan tugas lain berdasarkan penugasan dari Rektor yang berkaitan dengan penjaminan mutu.

 

Ketua Kantor Jaminan Mutu

2009 – 2010                            : M. Toyib Daulay

2010 – 2013                            : Ramayana Bachtiar

2013 – 2014                            : Yan Eko Budi Hartono/Ramayana Bachtiar

Mei 2014 sampai sekarang      : Najla Lubis

Kumpulan Dokumen KJM

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan IPTEK Yang Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Umat.

Misi

  • Melaksanakan Pengabadian Sesuai Dengan Piagam Panca Budi, Mengabdi Kepada Tuhan YAng Maha Esa, Negara, Nusa, Bangsa dan Dunia
  • Mengembangkan IPTEK Berdasarkan Al-Quran dan HAdist, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dengan Menggali Sumber -Sumber Ilmu Yang Berfaedah Dalam Bidang IPTEK dan IMTAQ.
  • Melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan PEngabdian Untuk Bangsa dan Negara Republik Indonesia YAng Mutunya Dapat Bersaing Secara NAsional dan International Dalam Fitrah Pengabdian Terhadap Allah SWT.
  • Mendorong fungsi kekhalifahan dalam mewujudkan kebahagian kehidupan menusia dalam dimensi dunia dan akhirat.
  • Melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan serta kehidupan sesuai dengan syariat islam.

7 Nilai Dasar

  • Menjaga kemurnian akidah tauhid dan melaksanakan syariat(sholat, dzikir dll).
  • Bersyukur, bersuka cita dan tidak mengeluh.
  • Rendah hati, sederhana, apa adanya, memaafkan, tidak tersinggung dan tidak marah.
  • Berfikir positif, berprasangka baik dan tidak bergunjing.
  • Berbuat baik, mengubah dan menjadi inspirasi.
  • Berempati dan memberikan solusi, bukan mengkritik atau mencela.
  • Patuh terhadap pemimpin dan peraturan.