Sportivitas, Unggul, dan Berdedikasi, UNPAB Sukses Selenggarakan Kejurnas Futsal Piala Rektor

  • timredaksi   Kamis, 04 Agustus 2022


Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan telah berhasil dan sukses dalam penyelenggaraan kegiatan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Rektor UNPAB, pada tanggal 25-27 Juli 2022, di Lapangan M2M, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Medan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya kaderisasi dan mencari bibit terbaik di bidang olah raga.

Pada acara pembukaan Kejurnas pada tanggal 25 Juli 2022, dalam pidato sambutannya, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM., menyampaikan, "Kejurnas Piala Rektor UNPAB ini diikuti oleh 23 Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri serta 230 mahasiswa dari berbagai kontingen. Saya berharap turnamen ini juga dapat meningkatkan kolaborasi antar lembaga, seperti APTISI SUMUT, BAPOMI SUMUT, dan Pemerintah Provinsi." 

Olah raga futsal sebenarnya lahir dari varian pada olah raga sepak bola. Sejak diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930, popularitas olah raga futsal terus berkembang di berbagai negara, berdampingan dengan popularitas olah raga sepak bola. 

Menurut riset dari Nielsen Sport, didapatkan data bahwa Indonesia adalah negara penggila sepak bola nomor dua di dunia setelah Nigeria, di mana 77% penduduk Indonesia memiliki ketertarikan pada olahraga sepak bola, terutama ketika menyaksikan Timnas Indonesia berlaga. 

Untuk futsal, olah raga ini masuk ke Indonesia pada tahun 1998-1999, dan mulai dikenal masyarakat sejak tahun 2000-an. Pada tahun 2002, The Asian Football Confederation (AFC) meminta Indonesia untuk menggelar kejuaraan futsal piala Asia. Sejak itulah futsal berkembang pesat di Indonesia, yang salah satunya disebabkan karena futsal tidak membutuhkan lapangan luas yang makin sulit dijumpai di kota-kota besar.

Untuk kegiatan Kejurnas Futsal Piala Rektor UNPAB, dalam acara penutupan yang berlangsung pada tanggal 27 Juli 2022 yang lalu, kehadiran Rektor UNPAB, diwakili oleh Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Cahyo Pramono, SE., MM.

Dalam pidato sambutan di acara penutupan, Cahyo Pramono, SE.,MM. menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini, "Keberhasilan untuk meraih prestasi ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain bagaimana proses pembinaan, fasilitas, infrastruktur, frekuensi kejuaraan di daerah, dan terutama tentang faktor sumber daya manusianya."

"Melalui kegiatan Kejurnas Futsal ini, di samping kita berkompetisi, aktivitas olahraga juga akan sangat berguna untuk kesehatan diri kita," ungkap Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB ini.

"Akhir kata, saya ucapkan selamat kepada para juara, di mana juara 1 diraih oleh STOK Bina Guna Medan, anak-anak kami dari UNPAB mendapatkan juara 2, dan untuk posisi juara 3 diraih oleh Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Aceh Utara. Mudah-mudahan kejurnas seperti ini bisa kita selenggarakan lagi tahun depan. Terimakasih dan salam olahraga," pungkas Cahyo Pramono, SE.,MM. menutup pidato sambutannya.


akuntansi,ekonomi,olahraga,pelatihan,peternakan,pustaka,seminar,teknik,ukm,unpab