Gelar Webincang UNPAB bersama BUMN "Ekowisata Mangrove ..

gelar-webincang-unpab-bersama-bumn-ekowisata-mangrove-untuk-kesejahteraan-masyarakat-desa-_54.jpg

Gelar Webincang UNPAB bersama BUMN "Ekowisata Mangrove Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa"

Kamis,18 Mar 2021 By Doni

Rabu, 17 Maret 2021 bertempat di Gelanggang Mahabento Universitas Pembangunan Panca Budi, telah dilaksanakan kegiatan Webincang bersama PT. Pelindo 1 (Persero) dan Pengiat Mangrove dengan mengusung tema “Ekowisata Mangrove Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa’. Tentunya kegiatan ini berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan covid 19.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Rektor 3 Bidang Tata Kelola Universitas Pembangunan Panca Budi, Dr. H. Henry Asapan. S.E., S.H., M.H., M.M., Direkrut Pascasarjana Unpab, Dekan dan Ka. Prodi se-UNPAB,Ibu Kasih Dwi Yanti (Senior Vice President Universitas Korporat PT. Pelindo 1, Bapak Wibi Nugraha Suparlan (Pengiat Mangrove/Kader Konservasi Nasional, Mahasiswa, dan juga Masyarakat lainnya yang dapat mengikuti kegiatan ini melalui zoom meeting dan live di channel youtube UNPABTV.

Acara ini dibuka oleh sambutan, Rektor UNPAB yang dalam hal ini diwakili oleh Rektor 3 bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. H. Henry Asapan. S.E., S.H., M.H., M.M.,   menyampaikan bahwa ini merupakan Kegiatan yang sangat baik untuk membangun sinergi antara UNPAB bersama PT. Pelindo 1 untuk dapat mensejahtrekan masyarakat khususnya masyarakat desa, yang sangat singkron dengan taglinenya Universitas Pembangunan Panca Budi yaitu “Membangun Desa, Membangun INDONESIA” dalam kesempatan ini juga tentunya kita berharap apa saja yang telah tertuang dialam MoU antara UNPAB dengan PT. Pelindo 1 dapat terlasanakan dengan baik’.  Kata Rektor 3 bidang Tata Kelola UNPAB.

“Webincang Kali ini, merupakan 1 proses titik awal untuk melakukan pekerjaan dan pengabdian sosial UNPAB bersama PT. Pelindo 1 dengan beberapa program-program CSR yang dimiliki, yang tentunya konsen terhadap lingkungan dan salah satunya adalah Mangrove. Karena kita ketahui PT. Pelindo 1 kawasan kerjanya tidak jauh-jauh dari laut, pasti salah satu cara untuk menjaga laut kita adalah dengan menjaga Ekowisata Mangrove yang ada didaerah pesisir”.

Sementara itu, ibu Kasih Dwi Yanti, atau sapaan akrabnya lebih dengan nama ibu wiwik sebagai pemateri pertama dalam kegiatan webincang ini menyampaikan bahwa “BUMN yang dalam hal ini PT. Pelindo 1 sangat mendukung kegiatan Ekowisata Mangrove untuk kesejahteraan masyarakat. Kami percaya bahwa akan muncul generasi muda selanjutnya akan peduli dan cinta terhadap mangrove, dan kami akan siap memberikan edukasi terhadap ekowisata magrove kepada para mitra kami yang dalam hal seluruh universitas yang ada di Sumatera Utara khususnya. 

“Dengan memberikan ruang, dan konsep digital virtual learning PT. Pelindo 1 telah menyiapkan konten-konten kreatif dengan tenaga pengajar yang expert dibidangnya  kemudian dapat  berkolaborasi dengan seluruh mahasiswa sehingga para mahasiswa ini dan generasi muda khususnya dapat menggalih potensi yang ada didalam dirinya”. Lanjutnya..

Dan Narasumber ke 2 Bang Wibi sapaan akrabnya menyampaikan bahwa, Mangrove ini juga dapat memiliki nilai ekonomis yang mampu membantu perekonomian masyarakat desa, dengan cara apa, dengan cara meningkat kreatifitas warga desanya, memberikan edukasi tentang manfaat magrove, dan pastinya harus memiliki kekompakan dalam rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Saya percaya bahwa Ekowisata Mangrove ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat pesisir. Dengan adanya ekowisata magrove saya percaya tidak akan adanya alih fungsi hutan magrove dan tidak adalagi penebangan hutan magrove di Indonesia. “Jika kita mencinta mangrove, maka mangrove akan mencintai kita juga”. Untuk Itu Cintai Mangrove Sejak Usia Dini, sehinggga anak cucu kita dimasa yang akan datang akan melanjutkan perjuangan yang telah kita bangun saat ini.