KEMBALI WISUDA VIA DARING, UNPAB LULUSKAN 963 MAHASISWA..

kembali-wisuda-via-daring-unpab-luluskan-963-mahasiswa_45.jpg

KEMBALI WISUDA VIA DARING, UNPAB LULUSKAN 963 MAHASISWA

Sabtu,13 Mar 2021 By Doni

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) kembali menggelar wisuda secara daring pada Wisuda Ke-65 Program Pascasarjana, Sarjana dan Diploma pada hari Jumat (5/3/2021) yang bertempat di Aula Perpustakaan UNPAB dengan meluluskan 963 mahasiswa. wisuda disiarkan langsung dengan diikuti wisudawan dari kediaman masing-masing melalui zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM, anggota Senat Universitas Pembangunan Panca Budi dan Dewan Guru Besar, Dra. Hj. Yasmin Siti Khadijah selaku Ketua Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Rektor I Cahyo Pramono, SE.,MM, Rektor II Hasrul Azwar Hasibuan, SE., MM, Rektor III Dr. Henry Aspan, SE.,SH.,MA.,MH.,MM, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Kepala Prodi se-lingkungan UNPAB.

Pada sambutannya, Rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM menyampaikan bahwa ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi para Wisudawan/ti dan hari yang sangat penting bagi kedua orang tua wisudawan. “Perjuangan telah menemui hasil dan keberhasilannya, dimana hari ini para Wisudawan akan dilantik sebagai Diploma, Sarjana dan Magister. Perjuangan yang lebih berat lagi telah dilalui para orang tua para dalam membimbing dan memberikan support kepada para wisudwan untuk mengejar cita-citanya hingga dilantik hari ini,” Kata Rektor.

“Kita ketahui bahwa sampai saat ini Indonesia masih diliputi suasana Pandemi. Namun dalam kondisi Pandemi yang hingga saat ini, dimana kondisi yang sama-sama kita belum mengetahui kapan akan berakhir, Universitas Pembangunan Panca Budi tetap bersemangat memberikan pelayanan terhadap mahasiswa untuk kegiatan Akademik dan kegiatan-kegatan Non Akademik, terutama pelaksanaan Wisuda ke 65 yang diadakan hari ini, yang diadakan di tengah situasi pandemi mengharuskan diadakan secara ketat dan mengikuti Protokol Kesehatan,”

“Dunia Pendidikan melalui seluruh jenjang pendidikan diberlakukan pendidikan dalam jaringan (daring). Atau mereka lebih senang menyebutnya dengan belajar online. Platform learning management system (LMS) menjadi andalan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara daring. Platform yang digunakan sangat bervariasi, ini memudahkan siswa dan pengajar untuk memilih preferensi nya sendiri. Tak terasa, aktivitas seperti ini merupakan implementasi dari konsep Edukasi 4.0.”

Adapun tema wisuda kali ini yaitu “Berinovasi  Untuk Membangun  Desa Dan Mengembangkan Kearifan Lokal” hal ini sejalan dengan kebijakan kampus merdeka – merdeka belajar, Pemerintah juga sangat Fokus dengan arah kebijkannya untuk membangun Desa, konsep yang diambil adalah membangun sumber daya desa untuk dapat melakukan inovasi dan pengembangan di desa. Perguruan tinggi dengan bekal kebijakan kampus merdeka – merdaka belajar saat ini lebih leluasa dan mudah dalam berperan untuk pengembangan innovasi di desa.

“Dengan meningkatkan profesional civitas akademika dalam melaksanakan Tridharma PT, maka dapat digambarkan pada masa depan, UNPAB diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan beberapa universitas kelas dunia baik yang ada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri, terutama mampu bersaing dalam Era Revolusi Industri 4.0” lanjutnya.

Sementara itu, Dra. Hj. Yasmin Siti Khadijah selaku Ketua Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya dalam sambutannya, ia menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan Wisuda Daring UNPAB angkatan ke-65. “Seluruh pengurus Yayasan Prof Dr. H. Khadirun Yahya mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah ditunjukkan sehingga kalian berhasil menyelesaikan studi dengan baik,” ungkap Ketua Yayasan.

“Diharapkan setelah selesai mengenyam pendidikan di UNPAB dapat tetap mengimplementasikan program pembangunan desa dengan inovasi inovasi baru tanpa mengurangi kearifan lokal. kami berharap kepada mahasiswa UNPAB terutama alumni yang di wisuda pada hari ini dapat berkontribusi dalam merealisasikan program pembangunan desa,” sambungnya.

Adapun dari 963 Wisudawan sebanyak 14 Wisudawan diantaranya dinyatakan sebagai Wisudawan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) terbaik di masing-masing program studi berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan Yudisium Senat Universitas. Wisudawan tersebut yaitu, Saiful Magister Ilmu Hukum dengan IPK 4.00, Faraditha Yesika Magister Manajemen dengan IPK 4.00, Sahida Ayu Fajjari Ilmu Hukum dengan IPK 3.92, Vivi Adianti Ekonomi Pembangunan dengan IPK 3.89, Kiki Aulia Manajemen dengan IPK 3.93, Rini Mawaddah Hidayati Nst Akuntansi dengan IPK 3.90, Muhammad Zulham D3 Perpajakan dengan IPK 3.90, Reza Andry Prabowo Agroteknologi dengan IPK 3.74, Jainurita Lubis Peternakan dengan IPK 3.84, Syafira Amalia Teknik Elektro dengan IPK 3.80, Nia Mardiah Sistem Komputer dengan IPK 3.85, Yuniefa Akmalia Putri Teknik Komputer dengan IPK 3.62, Ira Mutiara Dewi Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3.90, dan Rantika Swandari Ilmu Filsafat dengan IPK 3.90.

Di hari yang sama pula, selain rangkaian acara Wisuda Online UNPAB yang ke 65, UNPAB juga melaksanakan Penandatanganan MoU bersama dengan Politeknik Negeri Medan. Penandatangan Nota Kesepahaman tersebut mencakup tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, Pemanfaatan Sumber Daya Manusia serta Sarana dan Prasarana. Dengan adanya kerjasama ini tentunya UNPAB dan POLMED dapat terus bersinergi serta dapat menjalin kerjasama yang baik kedepannya. Penandatanganan MoU tersebut langsung ditanda tangani oleh Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E., M.M., bersama dengan Direktur Politeknik Negeri Medan Abdul Rahman S.E.,Ak.,M.Si.,

Untuk penyerahan ijazah bagi wisudawan yang ke 65, dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Garuda Plaza Medan. Dimulai dari tanggal 8 s/d 10 Maret 2021. Pembagian ijazah dibagi menjadi 2 sesi perharinya. Seluruh wisudawan yang hadir diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dimulai dengan menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan lainnya. Prosesi penyerahan ijazah bagi wisudawan pun berjalan dengan lancar dan kondusif.