Mapalima Unversitas Pembangunan Panca Budi Tanam Mangro..

Mapalima Unversitas Pembangunan Panca Budi Tanam Mangrove di Danau Siombak

Sabtu,23 Jan 2021 By Doni

Mahasiswa Pencinta Lingkungan dan Mangrove (Mapalima) Universitas Penca Budi Medan melakuksn penanaman ratusan pohon mangrove di kawasan pinggiran Danau Siombak, Kelurahan Payapasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sabtu (23/1/2021) sore.

Ketua Mapalima Universitas Panca Budi, Muhammad Rinaldi, mengatakan, kegiatan peduli lingkungan yang mereka lakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan hayati yang ada di sekitar Danau Siombak yang merupakan salah satu kawasan wisata di Kota Medan.

"Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk peduli pada lingkungan, terutama hutan mangrove yang ada di kawasan pesisir, jangan sampai punah termasuk di kawadan Danau Siombak," ujar mahasiswa Fakultas Sains Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi tersebut.

Wibi Nugraha, kader Konservasi Suber Daya Alam (KSDA) Tingkat Nasional yang mendampingi Mapalima dalam kegiatan karya bakti tersebut, mengatakan, pihaknya semula merasa perihatin dengan kondisi pesisir di Kota Medan yang nyaris kehilangan hutan mangrove.

Untuk mengantisipasi hilangnya hutan mangrove di Kota Medan, Wibi bersama Univestiras Pembangunan Panca Budi Medan bekerja sama dalam pengembangan tansman mangrove, sedangkan Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, membantuan pembinan ribuan batang pohon mangrove yang dibudidayakan dekat Rumah Baca Merah Putih, pinggiran Danau Siombak, Medan Marelan.

"Dengan melestarikan mangrove di kawasan pesisir ini, kita terus mendapat oksigen yang bersih dan segar, karena itu saya menyambut baik adik-adik mahasiswa turun ikut serta melestarikan mangrove yang banyak memiliki nilai ekonomis tersebut," kata ayah tiga orang anak tersebut.

Hadir dalam penanaman mangrove, Bhabinkantibmas Kelurahan Payapasir Aiptu Kelurahan Paya Pasir, Aiptu Herlianto dan pemerhati masalah lingkungan.