MAHASISWA UNPAB MENOREHKAN PRESTASI JUARA I LOMBA DEBAT..

MAHASISWA UNPAB MENOREHKAN PRESTASI JUARA I LOMBA DEBAT SE-SUMUT

Minggu,22 Des 2019 By doni

Mahasiswa UNPAB kembali menorehkan prestasi Juara I dalam Lomba Debat tingkat Sumatera Utara dengan tema “Mengembangkan Potensi Kreatif, Inovatif Demi Kualitas Insan Cita” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara pada tanggal 20 – 21 Desember 2019. Lomba yang digelar di UIN Sumatera Utara ini diikuti oleh 15 tim dari berbagai universitas di Sumatera Utara; Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan lain sebagainya.

Adapun mahasiswa berprestasi tersebut adalah Rahmansyah Habu (Prodi Akuntansi), Tomy Irawan (Prodi Agroteknologi), Suci Pratiwi Br Ritonga (Prodi Ilmu Hukum). Juara I, II, III dari perlombaan debat ini memperoleh uang pembinaan, sertifikat dan piala. Juara II dan Juara III berasal dari UIN Sumatera Utara serta Juara Harapan I berasal dari Universitas Sumatera Utara yang merupakan saingan yang cukup sengit. Materi penilaian perlombaan yang mencakup; Method (Penataan dan pengorganisasian ide/gagasan pendapat), Manner (Penggunaan suara (organ of speech), Matter (Kelogisan Pendapat). 

Rahmansyah Habu mengatakan “kesan nya yang pertama itu luar biasa sih, kak. Karna kami kan melawan 15 tim nih.” Prestasi yang diraih ini tidak terlepas dari pembinaan selama ini dalam meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam berkompetisi dalam bidang debat yang terbentuk dalam suatu “Tim Debat UNPAB”  yang melakukan pelatihan debat setiap hari kamis. 

Ia juga menyampaikan bahwa strategi dalam mengikuti perlombaan ini adalah kekompakan tim dan membaca situasi kondisi lawan. “Karna sudah sering bertemu dengan lawan yang sama di setiap lomba debat, jadi kami sudah membaca bagaimana teknik mereka. Jadi kami udah tau apa yang harus kami lakukan dan apa yang harus kami jatuhkan ketika mereka memberikan argumentasi pada perdebatan itu” tutur nya. Ia juga menyampaikan harapan agar terus mempertahankan prestasi ini, dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan kampus serta agar mahasiswa selalu termotivasi dalam meraih prestasi sehingga terbentuknya regenerasi baru yang percaya diri dan menjadi perwakilan UNPAB selanjutnya yang memiliki jiwa berkompetisi khususnya dalam bidang debat. “Semoga untuk hari ini dan kedepannya agar UNPAB terus mendukung adanya kegiatan-kegiatan ini agar menambah semangat dalam berkompetisi.” Harap nya.