MAHASISWA UNPAB MERAIH PRESTASI DALAM LOMBA DEBAT BAHAS..

MAHASISWA UNPAB MERAIH PRESTASI DALAM LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA TINGKAT SUMATERA UTARA

Rabu,27 Nop 2019 By doni

Mahasiswa UNPAB kembali meraih juara III dalam Lomba Debat  Bahasa Indonesia tingkat Sumatera Utara dalam kegiatan Gebyar Komunikasi 3.0 “The Miracle Of Communication” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara pada tanggal 26 – 27 November 2019. Lomba yang digelar di panggung terbuka UIN Sumatera Utara ini diikuti oleh 24 tim dari berbagai universitas di Sumatera Utara; Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan lain sebagainya.

Adapun mahasiswa berprestasi tersebut adalah Muhammad Rimba Ferdyanto (Prodi Ekonomi Pembangunan), Tri Gustin Silaban (Prodi Ilmu Hukum), Suci Pratiwi Br Ritonga (Prodi Ilmu Hukum). Juara I, II, III dari perlombaan debat ini memperoleh uang pembinaan, sertifikat dan piala. Juara I berasal dari Universitas Negeri Medan dan juara II berasal dari Universitas Sumatera Utara yang merupakan saingan yang cukup sengit. Materi penilaian perlombaan yang mencakup; public speaking, gaya bahasa, gaya tubuh serta kesesuaian mosi (judul atau pembahasan yang akan diperdebatkan). 

Tri Gustin Silaban mengatakan “pengalaman nya setelah mengikuti lomba ini ya jadi lebih paham situasi debat nya dan lebih paham situasi lawan nya juga.” Prestasi yang diraih ini tidak terlepas dari pembinaan selama ini dalam meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam berkompetisi dalam bidang debat yang terbentuk dalam suatu “Tim Debat UNPAB”  yang melakukan pelatihan debat setiap hari kamis. 

Suci Pratiwi Br Ritonga menyampaikan bahwa strategi dalam mengikuti perlombaan ini adalah kekompakan tim. Ia juga menyampaikan harapan agar mahasiswa selalu termotivasi dalam meraih prestasi sehingga terbentuknya regenerasi baru yang percaya diri dan menjadi perwakilan UNPAB selanjutnya yang memiliki jiwa berkompetisi khususnya dalam bidang debat.