Pengabdian Dosen Fastek UNPAB Di UKM Bagan Deli..

Pengabdian Dosen Fastek UNPAB Di UKM Bagan Deli

Senin,09 Sep 2019 By doni

Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen UNPAB Fakultas Sains Dan Teknologi melakukan pengabdian kepada masyarakat di UKM Bagan Deli,Tujuan yang akan dicapai dari Program Pengabdian ini yaitu UKM di Bagan Deli dapat memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial sebagai strategi bisnis melalui penjualanan secara online dapat mmemasarkan ikan asin secara meluas dan dengan desain kemasan produk yang baik, produk lebih tahan lama dan lebih mudah untuk dikirim ke daerah lain atau dibawa sebagai oleh-oleh sehingga dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan para istri nelayan.

 

 Untuk menjangkau pasar modern seperti swalayan dan supermarket maka dilakukan pendampingan dalam pengurusan P-IRT serta Halal yang meruakan syarat utama untuk ikan asin dapat dipasarkan pada swalayan dan supermarket. Dalam merealisasikan dan mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak yaitu pemerintahan setempat termasuk didalamnya dinas, dirjen dan beberapa instansi lainnya, kelompok istri  nelayan pembuat ikan asin dan Tim Pengabdian. Hasil dari kegiatan ini UKM Desi memiliki Desain kemasan label produk ikan asin. Ikan asin yang dijual sudah memiliki kemasan yang baik serta menarik, karena dilakukan pembungkusan dengan alat vacum sealer yang sebelumnya tidak menggunakan kemasan khusus hanya menggunakan plastik kantongan biasa. Tim juga melakukan pendampingan penjualanan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi sophie dan bukalapak ataupun promosi pada media sosial untuk meningkatkan penjualan.  

 

Dalam merealisasikan pengabdian ini diawalai dengan pendekatan kepada masyarakat Bagan Deli melalui sosialisasi baik kepada kelurahan selaku pemangku dan kepada UKM Desi, setelah sosilisasi, dilakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung dalam pemilihan kemasan, mendesain kemasan serta pengurusan P-IRT dan Halal. Kemudain dilakukan pelatihan cara mendesain dan pengemasan ikan asin yang di jual. Dalam meningkatkan penjualanan ikan asin juga langsung dilakukan pelatihan dan pendampingan cara mengupload dan mempromosikan penjualan secara online baik menggunakan aplikasi penjualan seperti sophie maupun penjualanan melalui media sosial. Dalam melakukan pendampingan tim pelaksana yang di Ketuai Sri Wahyuni, S.Kom.,M.Kom yang beranggota Akhyar Lubis, S.Kom.,M.Kom dan Mesra B.,SE.,MM serta dibantu oleh dua orang mahasiswa dari Teknik komputer Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Teknik Pembuatan Desain Kemasan dan penjualan Online Ikan Asin Sebagai Salah Satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada para istri nelayan pembuat ikan asin. Selain itu juga dilakukan pendampingan Pengurusan P-IRT ke Dinas Kesehatan Kota Medan. Sosialisasi pentingnya peran Desain Kemasan, Label Produk, P-IRT dan Halal dilakukan kepada para istri nelayan pembuat ikan asin. Pelatihan penjulanan online juga dilakukan untuk meningkatkan penjualanan dan memperluas jangkauan penjualanan ikan asin. Dalam pelaksaan kegiatan, juga mengalami beberapa kendala, seperti lokasi yang sering mengalami banjir pasang yang menyulitkan ketika melakukan sosialisai, pelatihan dan pendampingan. Lamanya pengurusan P-IRT karena membutuhkan beberapa dokumen lain yang belum dimiliki UKM Desa.