Pengabdian LPPM Unpab di Desa Pematang Serai untuk Peningkatan Kesejahteraan KSM

  • doni   Jumat, 09 Agustus 2019

Perguruan tinggi memilki kewajiban melaksanakan tugas tri dharma, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) melakukan pengabdian kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat. Kegiatan pengabdian terselenggara atas pendanaan oleh Direktorat Jenderal Riset dan Pengabdian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun anggaran 2019 yang diketuai oleh Fitri Yani Panggabean, S.E, M.Si (dosen Akuntansi FSS Unpab).

Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Fitri Yani Panggabean, S.E, M.Si (bidang ilmu akuntansi) berkolaborasi dengan beberapa dosen lintas keilmuan yaitu Ika Devi Perwitasari, S.Kom, M.Kom (bidang ilmu sistem komputer) dan Surya Asih, S.E, M.Si (bidan ilmu manajemen) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Pematang Serai melalui perbaikan kemasan dan legalisasi izin produk yang dilakukan pada tanggal 22 Juni 2019. Salah satu mitra bernama ibu Kusmawati menjelaskan “kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen Unpab sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh pengusaha kecil, perbaikan kemasan melalui alat packaging dan pengurusan izin produksi sangat membantu untuk meningkatkan penjualan yang akhirnya meningkatkan pendapatan usaha”. 

Kegiatan PKM dilaksanakan selama 5 bulan (Mei sampai September) secara berkala dilakukan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa program studi akuntansi, sistem informasi dan manajemen Unpab. Pemerintah Desa Pematang Serai melalui Bapak Bambang yang merupakan Sekretaris Desa menuturkan “kegiatan nyata yang seperti ini yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Kampus Unpab yang berjarak jauh di Medan masih bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat”. Pengabdian yang sudah dilakukan diharapkan dapat dilanjutkan sebagai UKM Mitra LPPM Unpab, sehingga KSM Pematang Serai dapat terus dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha.