UNPAB MENGUBAH KAMPUNG NELAYAN BAGAN DELI BELAWAN MENJADI KAMPUNG WARNA WARNI BERSAMA TNI AL LANTAMAL I DAN NIPPON PAINT

  • redaksi   Senin, 21 Januari 2019

Kamis, 17 Januari 2019 Fakultas Sains dan Teknologi Program Studi Sistem Komputer dan Teknik melaksanakan Kegiatan Gathering dan Inagurasi dengan Agenda Kegiatan Mengubah Desa Binaan Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan menjadi “Kampung Nelayan Warna-Warni“. Kelurahan Bagan Deli merupakn satu dari sepuluh desa binaan Universitas Pembangunan Panca Budi. Tujuan dari pembinaan desa-desa ini untuk mencari dan menemukan potensi desa dan menjadikannya profile unggulan desa tersebut sehingga masyarakat desa dapat sejahtra dan mandiri. Kegiatan didukung oleh Nippon Paint yang memberikan bantuan 1000 kaleng Pilox dan potongan khusus pembelian cat dinding cair yang digunakan untuk mewujudkan  kegiatan “Desa Nelayan Warna-Warni” Bagan Deli. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Program studi Sistem Komputer dan Teknik Komputer dan bantuan personil dari TNI AL LANTAMAL 1 Belawan untuk membantu proses pengecatan “Kampung Warna-Warni” Bagan Deli dan menjemput langsung Mahasiswa dosen dan panitia dari Kampus UNPAB menuju Gedung Yos Sudarso TNI Lantamal 1 Belawan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan di Gedung Yos Sudarso TNI AL LantamaL I Belawan yang dibuka langsung oleh Aspotmar Komandan Lantamal I Belawan, Bapak Kolonel laut (P) Berkat Widjanarko, SE dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi, Ibu Sri Shindi Indira, ST.,M.Sc. Dalam Acara Pembukaan Bapak Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, SE menyampaikan apresiasi tinggi dan dukungan terhadap acara tersebut. Selain acra pembukaan, Aspotmar Bapak Kolonel laut (P) Berkat Widjanarko, SE  memberikan materi kuliah umum tentang “Membangun Kembali Budaya Maritim Dalam Bingkai Wawasan Nusantara”. Materi tersebut diharapkan dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi mahasiswa-mahasiswi Universitas Pembangunan Panca Budi dalammembang membangun dan memajukan Daerah Pesisir Pantai sebagai salah satu bentuk bakti bela negara.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi mengucapkan terimakasi kepada TNI AL Lantamal I Belawan dan Nippon Paint yang sudah mendukung kegiatan ini, dan diharapkan kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin. Setelah acara pembukaan mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkeliling dan mengunjungi beberapa KRI yang sedang bersandar di Lantamal I Belawan. Melalui kegiatan ini diharapan agar tercipta kesadaran Cinta Tanah Air di dalam diri mahasiswa. Tak lupa juga mahasiswa dosen dan personil melakukan photo Bersama di Lapangan MAKO LANTAMAL 1 Belawan. Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan TNI AL Lantamal I Belawan mahasiswa dan dosen langsung menuju ke Kelurahan Bagan Deli untuk melakukan kegiatan pengecatan bersama TNI  AL dan warga di Kelurahan Bagan Deli.

Kegiatan Pengecatan “ Kampung Nelayan Warna-warni” dilaksanakan di beberapa titik seperti Kantor Kelurahan Bagan Deli, SD Aljamiyatulwaysliyah, Paud Bagan Deli, Jembatan semangat 86 Bagan Deli, Rumah Baca, dan beberapa rumah warga kelurahan Bagan Deli. Pengecatan dilakukan langsung oleh 150 mahasiswa, 50 dosen dan 50 personil TNI AL Lantamal I Belawan.  Dalam proses pengecatan tak lupa UNPAB menyediakan titik hiburan kepada masyarakat dengan bernyayi bersama di lapangan utama Kantor Kelurahan Bagan Deli. Acara berjalan sukses dan lancar dengan mendapat apresiasi dari masyarakat Bagan Deli.

 Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada kelompok mahasiswa terbaik dan terkompak serta telah mengupload proses kegiatan ke media sosial seperti Instagram, youtube dan facebook.