PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNOLOGI PRODUKSI, PENGOLAHAN..

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNOLOGI PRODUKSI, PENGOLAHAN DANPEBERAPAN INTEGRASI KEPALA SAWIT DAN SAPI

Rabu,12 Des 2018 By redaksi

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2018 pada 2 lokasi kegiatan yaitu di PT. Perkebunan Nusantara II Unit Kebun Sawit Seberang Kab. Langkat dan Pusat Penelitian kelapa Sawit (PPKS) Bukit Sentang Kab. Langkat.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan diawali dengan kunjungan di PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang, aktifitas yang dilaksanakan adalah penjelasan materi tentang teknologi produksi dan pengolahan kelapa sawit yang di laksanakan di PTPN II kebun Sawit seberang yang di sampaikan oleh Bapak Erwin Indra Jaya Selaku Maneger dan Bapak Buha Sihotang Selaku Askep Kebun Sawit Seberang, masing-masing menjelaskan tentang pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM) dan pemeliharaan tanaman menghasilkan (TM), selanjutnya seluruh peserta di arahkan untuk kelapangan untuk meninjau langsung kondisi tanaman kelapa sawit sesuai dengan materi yang disampaikan sekaligus berdiskusi dengan seluruh peserta. Seusai mengunjungi perekbunan kelapa sawit di lapangan seluruh peserta diarahkan kembali untuk mengunjungi pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) yang terdapat di lingkungan kebun Sawit seberang. Kunjungan di PKS ini di pandu oleh Bapak Teuku Jahriya Selaku Maneger PKS dan Bapak Sugeng Periyono Selaku Asisten Lapangan keduanya menjelaskan materi tentang penggelolaha kelapa sawit di PTPN II Sawit Sebrang. Selanjutnya para peserta di arahkan untuk meninjau langsung proses pengolahan buah kelapa sawit mulai dari stasiun penerimaan TBS hingga menjadi CPO. Selesai mengunjungi PKS maka seluruh peserta dan dosen pendamping berpamitan untuk melanjutkan kegiatan sesuai dengan materi berikutnya.

Kegiatan selanjutnya di laksanakan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) yang berada di Desa Bukit Sentang Pangkalan Berandan. Aktifitas yang dilakukan di PPKS adalah mempeajari tentang proses pembibitan kelapa sawit yang di Produksi oleh PPKS selanjutnya mempelajari tentang teknologi sistem integrasi kelapa sawit dengan sapi. Kegiatan di PPKS di pandu oleh Bapak Susanto selaku pengelolah unit intergrasi Sawit – sapi dan beliau mejelaskan bagaimana proses pengolahan pakan sapi yang menggunakan bahan baku pelepah kelapa sawit serta proses formulasi beberapa bahan campuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada sapi, selanjutnya Bapak Heri Selaku Mandor 1 PPKS Bukit Sentang serta beberapa staf PPKS Bukit Sentang menjelaskan tentang pembibitan kelapa sawit mulai dari penyediaan media tanam, proses seleksi dan pemeliharaan pembibitan hingga bibit kelapa sawit siap pindah tanam di lapangan.

Dengan berakhirnya kunjunga di PPKS maka berakhirlah kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i program studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi UNPAB yang di pandu oleh beberapa dosen yaitu Bapak Dr. Ir. Erwin Nyak Akoeb MS., Dr. Ir. Ahmad Shaleh, M.Sc dan Ir. Yudi Siswanto serta dibantu oleh Assisten Dosen Aditiya Fitri Kani Tafanao, SP. Semoga kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan hingga kemampuan para mahasiswa dalam penerapan teknologi khususnya pada tanaman kelapa sawit. Kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari kedua Instansi yang senantiasa memberikan izin dan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mempelajari secara langsung dilapangan tentang teknologi produksi hingga pengolahan kelapa sawit serta penerapan teknologi integrase kelapa sawit-sapi, terimakasih kami ucapkan kepada PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sawit Seberang dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Bukit Sentang, semoga apa yang telah di berikan menjadi berkah dan mendatangkan Rahmat dari Allah SWT kepada Perusahaan dan Seluruh Staf-stafnya.