PELATIHAN PENGENALAN PERALATAN PENGAMAT KLIMATOLOGI DI ..

PELATIHAN PENGENALAN PERALATAN PENGAMAT KLIMATOLOGI DI STASIUN KLIMATOLOGI SAMPALI DELI SERDANG

Rabu,12 Des 2018 By redaksi

Pada hari Sabtu (13/10/2018) telah diselenggarakan Pelatihan Pengenalan Peralatan Pengamat Klimatologi oleh Universitas Pembangunan Panca Budi yang bekerja sama dengan Stasiun Klimatologi Sampali Deli Serdang bertempat di Stasiun Klimatologi Sampali Jl. Meteorologi Raya No.17, Tembung, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pelatihan tersebut diadakan bagi seluruh mahasiswa semester III Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Pelatihan ini dibuat sebagai bentuk implementasi dari metode pembelajaran praktikum mata kuliah agroklimatologi pada Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumlah peserta pada pelatihan ini yaitu sebanyak 200 orang mahasiswa.

Mata kuliah Agroklimatologi merupakan salah satu mata kuliah wajib Program Studi Agroteknologi yang terdapat pada perkuliahan semester ganjil. Mata kuliah agroklimatologi ini mengajarkan tentang unsur-unsur penting pembentuk cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi bidang pertanian. Luaran yang diharapkan dari mata kuliah Agroklimatologi ini yaitu mahasiswa mampu merumuskan suatu rencana strategis berdasarkan faktor-faktor cuaca yang mempengaruhi perubahan iklim yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha pertanian secara berkelanjutan. Mata kuliah agroklimatologi dilaksanakan bersamaan dengan kuliah praktikum agroklimatologi. Tujuan dari kuliah praktikum agroklimatologi ini adalah agar mahasiswa dapat mengamati secara langsung dari unsur-unsur penting pembentuk cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi bidang pertanian seperti intensitas matahari, suhu lingkungan, suhu tanah, kelembaban, curah hujan, kecepatan angin, tekanan udara dan evapotranspirasi. Oleh karena itu dalam mendukung tercapainya dari tujuan kuliah praktikum agroklimatologi ini, maka Program Studi Agroteknologi Faklutas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan setiap tahunnya membuat kegiatan Pelatihan Pengenalan Peralatan Pengamat Klimatologi yang bekerja sama dengan Stasiun Klimatologi Sampali Deli Serdang.

Pelatihan Pengenalan Peralatan Pengamat Klimatologi dilaksanakan dengan cara melihat langsung bentuk alat, cara kerja, dan cara pengamatan dari seluruh peralatan pengamat cuaca dan iklim yang terdapat di Stasiun Klimatologi Sampali Deli Serdang. Kegiatan Pelatihan ini didampingi oleh tim dosen pengampu mata kuliah agroklimatologi dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dan juga secara langsung dipandu oleh tim instruktur dari Stasiun Klimatologi Sampali Deli Serdang. Dengan demikian mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengamati secara langsung unsur-unsur pembentuk cuaca dan iklim yang berperan penting dalam proses pertumbuhan tanaman sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan usaha pertanian secara berkelanjutan.