Universitas Pembangunan Panca Budi Gelar FGD Bersama DP..

Universitas Pembangunan Panca Budi Gelar FGD Bersama DPD-RI, DPRD Kab/kota dan SKPD Sumatera Utara Gali Kendala Implementasi MEBIDANGRO

Senin,19 Nop 2018 By redaksi

Universitas Pembangunan Panca Budi menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama DPD-RI dan para pemangku kepentingan atau Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumatera Utara di Aula Gedung A Universitas Pembangunan Panca Budi,Senin (17/11/2018).
FGD bertema pembangunan kawasan mebidangro dalam mendukung sumut bermartabat dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Ir. H. Irman, M.Si selaku Kepala Bapeda Propinsi Sumatera Utara, DPD-RI Sumatera Utara Parlindungan Purba, S.H., M.M. rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, MM ,Ketua DPRD Propinsi Sumatera Utara, Ketua DPRD  Kabupaten/kota Medan, Binjai dan Deli Serdang, Serdang Bedagai, Karo, unsur SKPD dan lainnya.

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, MM menerangkan FGD bertujuan untuk mengurai permasalahan terkait penerapan MEBIDANGRO yang pada tahun 2011 telah terbit perpers no 62 tentang program MEBIDANGRO. Beliau memaparkan, dengan adanya peningkatan infrastruktur di Sumatera Utara, secara langsung akan meningkatkan investasi dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Sumatera Utara. 
“FGD ini juga untuk memperoleh komitmen dari Bapada Sumatera Utara dan instansi terkait tindak lanjut perpers no 62 tentang program MEBIDANGRO dan mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam penerapan program tersebut melihat besarnya potensi sumber daya di Sumatera Utara, serta menyepakati alternatif solusinya, kemudian UNPAB siap membantu dalam memberikan kajian-kajian terkait hal ini” ungkapnya.

Kegiatan FGD dipimpin oleh Ketua DPD-RI, Parlindungan Purba, S.H, M.M, menegaskan pentingnya kegiatan ini dikarenakan program MEBIDANGRO perlu ditinjau ulang pengimplentasiannya dan perlu didukung oleh semua pihak, baik akedimisi dan masyarakat. melalui kegiatan diharapkan akan menemukan solusi yang terbaik agar program ini berjalan dengan baik.
Kepala Bapeda Sumatera Utara menegaskan dalam waktu dekat akan membentuk Tim Teknis tentang program MEBIDANGRO sebagai langkah awal untuk tercapainya cita-cita Sumatera Utara yang bermatabat.
 
Kemudian beliau menegaskan Perlu adanya siniergi dari masyarkat, pemerintah dan akedimisi Kepala daerah harus pro aktip dalam pembangunan daerah, kemudian beberapa isu strategis yang akan di kaji seperti Kebutuhan Lahan Permukiman Pengembangan Infrastruktur Transportasi /Konektifitas: Penanganan banjir diwilayah perkotaan Kebutuhan pengelolaan air limbah kebutuhan TPA Regional (masalah  medan menarik diri dari TPA regional, medan akan membangun TPA sendiri)Kebutuhan RTH Perkotaan Kebutuhan Air Baku (kerjama sma spam reggianal, masalah instalasi, tanahnya bermasalah Penyediaan Hunian / Perumahan
“Pada bulan desember kita akan lakukan pertemuan lanjutan di BAPEDA propinsi  Sumatera Utara pada bulan Desember sebanyak 2 kali pertemuan dan rencanya kita akan terbitkan buku MEBIDANGRO”.