Perpustakaan UNPAB Meraih Peringkat II Dalam Ajang Perpustakaan Terbaik Di PTS Se-Sumut

  • redaksi   Rabu, 25 April 2018

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) meraih juara II pada Lom­ba Perpustakaan Terbaik Sumatera Uta­ra (Sumut) tahun 2018 kategori uni­versitas. Hal itu dinyatakan da­lam surat resmi Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara Nomor 041/998/DPA/IV/2018 tentang Pe­ngumuman Pemenang Lomba Per­pus­takaan dan Penyerahan Hadiah ter­tanggal 16 April 2018 yang di­tandatangani Kepala Dinas Per­pus­ta­kaan dan Arsip Sumut, Ferlin H Nainggolan.

Rektor III UNPAB, Bapak Samrin SE MM mengatakan, prestasi yang diraih Perpustakaan UNPAB sangat mem­banggakan karena bukti kerja keras dan kreativitas pengelola men­dapatkan apresiasi. Namun, se­be­narnya adalah prestasi ini bisa men­jadi motivasi untuk terus me­numbuhkan budaya literasi di ka­la­ngan mahasiswa.

"Prestasi ini patut disyukuri ka­rena ikut membawa nama baik uni­ver­sitas dan apresiasi yang diberi­kan hendaknya jadi motivasi bagi pe­ngelola," katanya didampingi Kepala Biro Laboratorium Dan Perpustakaan (BLPT)  Bapak Ir Sulardi MM kepada wartawan di Kam­­pus Utama, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (23/4).

Rektor mengingatkan agar pe­nge­lola tidak cepat merasa puas pres­tasi yang diperoleh. Karena tan­tangan ke depan semakin berat. Pe­ngelola dituntuk lebih kreatif da­lam mem­be­ri­kan layanan karena per­kemba­ngan teknologi komuni­kasi yang pesat menjadikan tanta­ngan dalam menumbuhkan budaya li­terasi, khususnya di kalangan ma­hasiswa.

Ir Sulardi MM selaku Kepala Biro Laboratorium dan Perpustakaan UNPAB Menyampaikan “untuk menjadi ter­­baik, ada tiga tahapan yakni penilaian data instrumen, peninjau­an langsung tim juri ke perpusta­ka­an yang masuk nominasi dan pre­sen­tasi serta wawancara untuk lima nominasi. Dalam presentasi, Per­pus­takaan UNPAB berusaha tampil maksimal dengan menurunkan tiga orang dalam satu tim dipimpin Plt K­e­pala Perpustakaan UNPAB,

Ia menyampaikan, Perpustakaan UMNPAB sebagai perpustakaan per­guruan tinggi memiliki peran yang tidak terlepas guna mendu­kung Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendi­di­kan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Untuk itu, per­pustakaan ini menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, di antara­nya dengan dosen dan lembaga-lem­baga yang berada di kampus.

Untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyara­kat, pihaknya bekerja sama dengan dosen. Tujuannya agar dalam pe­ngajaran tidak lupa menjadikan per­pustakaan sebagai sumber mencari referensi, melakukan penelitian dengan topik-topik terkait perpus­ta­kaan dan menjadi bagian untuk di­kem­bang­kan di sekolah-sekolah yang per­pustakaannya belum ber­kem­bang dan tersentuh pelatihan.