Kuliah Umum Prodi Arsitektur Bertema Mencari Identitas ..

Kuliah Umum Prodi Arsitektur Bertema Mencari Identitas Arsitektur Lokal

Kamis,25 Jan 2018 By redaksi

UNPAB-Medan: Pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2018 berlokasi di ruang seminar gedung A, telah berlangsung kegiatan Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Pembangunan Panca Budi. Kegiatan kuliah umum tersebut diisi oleh pemateri ibu Dr. Ir. Pancawati Dewi, MT yang merupakan dosen tetap Program Studi Arsitektur di Universitas Gunadarma, Depok. Adapun kuliah umum ini berjudul “Arsitektur dan Api: Mencari Identitas Arsitektur Lokal”. Kuliah umum dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur UNPAB dan dosen Departemen Arsitektur USU.

Dalam kuliah umum tersebut disampaikan bahwa setiap daerah memiliki kearifan lokal tersendiri, dan tidak terkecuali di Indonesia. Indonesia terdiri dari beragam suku, dan setiap suku tersebut memiliki keunikannya sendiri, termasuk dalam memanfaatkan api guna mendukung keberlangsungan hidup mereka.

Dilihat dari sejarahnya, api ditemukan tidak sengaja karena adanya fenomena alam, yaitu petir yang menyambar ranting kering yang kemudian terbakar dan terciptalah api. Pada awalnya manusia hanya menggunakan pencahayaan alami yaitu cahaya matahari. Namun setelah api ditemukan, manusia menggunakan tidak hanya menggunakan api sebagai pencahayaan, tetapi juga untuk memasak, menghangatkan suhu ruangan, mengawetkan makanan dan lain sebagainya.