Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa..

Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa

Rabu,27 Des 2017 By redaksi

 

UNPAB-Medan: Setiap kali menggelar wisuda, Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) kerap mengangkat tema kearifan lokal daerah Sumatera Utara dan nusantara. Wisuda ke-59 Unpab yang digelar di gedung Selecta, Jalan Listrik Medan, Sabtu (23/12) pun mengusung tema etnis Jawa. Dari mulai busana yang dikenakan, dekorasi hingga tarian dan musik semuanya bernuansa Jawa.

 

Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa

Rabu,27 Des 2017 By redaksi

Tampak, jajaran Unpab dari mulai rektor, dekan, dosen, panitia hingga mahasiswa yang turut menjadi panitia mengenakan kostum dari etnis Jawa. Yang pria mengenakan blankon di kepalanya. Begitupun, yang perempuan mengenakan pakaian kebaya Jawa dan hiasan bunga melati. Kemudian, ada tarian dan musik Jawa. Menariknya, di usai acara, semua jajaran rektorat Unpab menyanyikan lagu "Sayang" versi bahasa Jawa yang dipopulerkan penyanyi Indonesia, Via Vallen.

 

 

Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa

Rabu,27 Des 2017 By redaksi

Rektor Unpab, Dr Muhammad Isa Indrawan SE MM mengatakan, dalam pelaksanaan wisuda, Unpab memang  mengusung kearifan lokal yang berbeda-beda setiap kali wisuda. Tujuannya, untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal di Sumut agar kearifan lokal dapat berkontribusi dalam pembangunan baik lokal maupun nasional.

"Kitakan memiliki kearifan lokal yang  beragam. Setiap tahun kita usung untuk melestarikan kearifan lokal didaerah kita. Melayu, Batak, Mandailing sudah. Kali ini, kita usung dari etnis Jawa, yang lembut-lembut. Wisuda ke depannya bisa dari daerah lain. Ini memang ada kaitannya dengan lebel kampus Unpab sebagai Kampus Tamadun Mandiri, yaitu kampus yang membangun peradaban dan kemandirian, salah satunya adalah mengangkat kearifan lokal," jelas Isa.

Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa

Rabu,27 Des 2017 By redaksi

Isa menyebutkan, lulusan yang di wisuda kali ini sebanyak 674 orang terdiri dari 16 orang lulusan Program Dipoloma Tiga (D3), 610 orang Program Strata Satu (S-1), dan 48 orang Program Strata Dua (S-2) atau magister.

Dari 610 wisudawan/wisudawati Program S-1, ada satu wisudawan di antaranya memeroleh predikat  cumlaude, dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi 3,93  atas nama Daud Kilau dari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI).

Wisuda UNPAB Ke 59 Etnis Jawa

Rabu,27 Des 2017 By redaksi

"Saya berharap kepada para wisudawan/wisudawati untuk mendukung program Tracer Study Alumni Unpab melalui pengisian data di website alumni Unpab.  Hal ini tidak lain sebagai upaya kami untuk mengetahui relevansi lulusan Unpab dalam dunia kerja, yakni kesesuaian antara proses pendidikan di Unpab dengan realitas di dunia kerja,"sebutnya.

Disisi lain, pada pidato wisudanya yang mengusung tema "Peningkatan Mutu Lulusan Dalam Mewujudkan World Class University 2033 dalam Bingkai Tamadun Mandiri Unpab", Isa Indrawan juga mengingatkan kepada seluruh civitas akademika Unpab, untuk menuju World Class University, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan.

Di antaranya sebutnya, kualitas penelitian, mutu lulusan dan kesempatan mendapatkan pekerjaan, lualitas pengajaran dan infrastruktur. Kemudian, untuk empat syarat tersebut harus juga dilengkapi dengan beberapa kriteria penguatan antara lain, 40 % tenaga pendidik bergelar PhD (doktor), publikasi internasional 2 papers/staff/tahun, jumlah mahasiswa pasca 40% dari total populasi mahasiswa (student body), anggaran riset minimal US$ 1300/staf/tahun, jumlah mahasiswa asing lebih dari 20%, dan Information Communication Technology (ICT) 10 KB/mahasiswa.

Hadir dalam wisuda itu, pejabat Kopertis Wilayah I Sumut, Kopertais Wilayah IX Sumut, pimpinan Yayasan Prof Dr H Kadirun Yahya, Rektor I Unpab Ir Bhakti Alamsyah MT PhD, Rektor II Dra Irma Fatmawati SH MH, Rektor III Samrin SE MM, para dekan dan keluarga wisudawan.