Rektor III UNPAB Hadir Dalam Workshop dan Penghargaan Bidang Kemahasiswaan

  • redaksi   Kamis, 07 Desember 2017

UNPAB-Medan: Rektor III UNPAB Bidang Kemahasiswaan Bapak Samrin SE MM hadir dalam kegiatan Workshop dan Penghargaan Bidang Kemahasiswaan dengan tema Kemahasiswan dan Daya Saing Bangsa di jakarta pada tanggal 5-7 Desember 2017.

Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi segala bentuk kegiatan Bidang Kemahasiswaan di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk terus berkarya dalam penalaran, kreativitas, minat, bakat, serta mental spiritual mahasiswa, Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan “Malam Anugerah Kemahasiswaan Tahun 2017”, bertempat di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (6/12).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, peningkatan kualitas mahasiswa bukan hanya melalui kegiatan akademik atau pembelajaran di kelas saja, tetapi perlu melalui kegiatan lain seperti pembentukan kemampuan ‘soft skills’ yang dapat dikemas melalui kegiatan kemahasiswaan.

“Ini yang menjadikan kegiatan kemahasiswaan memiliki posisi strategis dalam pembentukan SDM Indonesia di masa mendatang. Kemampuan intelektual yang baik, harus didukung oleh kemampuan soft skills yang baik juga. Bekali mahasiswa untuk menghadapi era milenial seperti sekarang ini,” pesan Nasir.

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad juga mengatakan betapa pentingnya kegiatan kemahasiswaan dalam menghadapi problematik di abad 21 ini, membentuk kemampuan dalam menguasai sains dan humaniora kemahasiswaan harus terus digalakkan.

“Kita memang telah mempunyai inovasi, sains, dan teknologi, tetapi tanpa dibarengi dengan kegiatan kemahasiswaan yang baik, kita kurang siap untuk memenangkan persaingan di era milenial ini. Mahasiswa harus terus terlatih dan melakukan kolaborasi dengan kegiatan kemahasiswaan yang ada,” tutur Dirjen Intan.

Pada acara ini, turut hadir sebanyak 189 peserta yang terdiri dari Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Bidang Kemahasiswaan, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bidang Kemahasiswaan, Penerima Penghargaan, dan Sekretaris Pelaksana Kopertis I-XIV seluruh Indonesia.

Berikut kategori penghargaan Penganugerahan Bidang Kemahasiswaan Tahun 2017 dalam beberapa kategori, antara lain;

1) Pemenang Kategori Pelaksana Kegiatan Kemahasiswaan

2) Pemenang Kategori Prestasi Kegiatan Internasional

3) Pemenang Pengelola Bidikmisi Terbaik

4) Pemenang Pusat Karir Terbaik

5) Kategori Punggawa Kemahasiswaan Purna Bhakti (Tahun 2015-2017)

6) Kategori Lifetime Achievement Bidang Kemahasiswaan

7) Kategori Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Terbaik

8) dan Kategori Lembaga Donor dan Mitra

“Selamat kepada semua pihak yang telah meraih anugerah Kemahasiswaan tahun 2017 ini. Semoga dapat memotivasi untuk terus bersama kami melakukan berbagai aktivitas yang lebih berkualitas, bermakna bagi pendidikan anak bangsa,” tutup Menteri Nasir.