BSAC UNPAB Adakan Debat Untuk Memajukan Pariwisata Di D..

BSAC UNPAB Adakan Debat Untuk Memajukan Pariwisata Di Danau Toba

Selasa,14 Nop 2017 By redaksi

UNPAB-Medan: Biro Student Advisory Center Universitas Pebangunan Panca Budi (UNPAB) Medan baru saja selesai menggelar Debat Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia, kegiatan tersebut berlangsung di mulai pada tanggal 9-11 November 2017 Di ruang Baca Perpustakaan Gedung D.

KOORDINATOR Kopertis Sumut Prof Dian Armanto MPd MA PhD memberi apresiasi terhadap penyelenggaraan Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air.
Dian Armanto menegaskan, Kopertis Sumut mengucapkan terima kasih kepada Unpab yang telah melaksanakan lomba yang diharapkan dapat melahirkan ahli debat terbaik. ' Tidak banyak perguruan tinggi mau berbuat untuk mengadakan kegiatan kemahasiswaan sehingga kita hargai kegiatan Unpab dan kedepan dapat dilaksanakan setiap tahun,' katanya. 
 
Koordinator berharap pelaksanaan debat ilmiah berikutnya dapat ditingkatkan melibatkan perguruan tinggi lain diluar Indonesia termasuk dari Universitas Putra Malaysia, Singapura, Thailand dan Korea. Debat internasional dan nasional akan membawa peningkatan kualitas pendidikan.
Berkaitan dengan tema debat tentang Danau Toba, Dian Armanto yang juga Guru Besar Unimed mengatakan hal mahasiswa juga dapat dalam memajukan pariwisata di Indonesia termasuk Danau Toba. 'Ahli-ahli debat ilmiah yang dihasilkan nantinya dapat menjadi Anggota DPR RI dan DPD RI yang pandai berdebat dan akan membawa perubahan yang lebih baik,' imbuh koordinator.
Rektor III Unpab Samrin SE MM menyampaikan pesan Rektor Unpab Dr H Muhammad Isa Indrawan MM bawa even ini dapat meningkatkan silaturahim mahasiswa di tanah air, bertukar informasi dan berdiskusi hangat lewat debat. 'Adik-adik mahasiswa dari Yogyakarta dapat berbagai informasi dengan mahasiswa lain.
 
Demikian pula tentang budaya daerah masing-masing,' ujar rektor,
Pimpinan Unpab ini berharap even ini juga sebagai bagian memperingati Hari Pahlawan dimana apa yang dilaksanakan saat ini tidak terlepas dari masa lalu dan peran dari para pahlawan pendiri bangsa dan negara. 'Adik-adik mahasiswa sekarang pada 20 tahun kedepan adalah pemimpin-pemimpin negara. Namun dibalik itu banyak ancaman menghadang generasi muda seperti ancaman Narkoba,' sebut rektor.
Dosen Universitas Putra Malaysia Dr Nor Wahiza Abdul Wahat dalam kesempatan ini memberi berbagai pengalaman agar para mahasiswa dapat meraih sukses. Menurut Nor Wahiza Abdul Wahat, ciri pemimpin harus mampu menyelesaikan masalah-masalah, mampu melihat berbagai peluang dan terus berusaha.
 
Dalam kesempatan ini, Dosen UPM menambahkan, Universitas Putra Malaysia juga siap melaksanakan program pertukaran mahasiswa antar-perguruan tinggi dan berbagai program pelatihan. 'Tujuannya untuk mengasah dan membentuk calon pemimpin masyarakat. Pengalaman yang didapat akan membawa kematangan pemimpin,' paparnya.
Ketua Panitia Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia Robi Krisna SE MH berterima kasih atas antusias para peserta lomba. Demikian pula dengan besarnya dukungan Kopertis Sumut, Rektor Unpab, narasumber dan panitia.

Unpab Debat Ilmiah Nasional 2017 diikuti 12 tim dari perguruan tinggi di Pulau Jawa dan Sumatera yang berlangsung selama tiga hari. 'Adapun pemenang Unpab Debat Ilmiah Nasional 2017 terdiri juara 1 Universitas Sumatera Utara, juara 2 Institut Pertanian Bogor, juara 3 Universitas Ahmad Dahlan Yogjakarta dan juara harapan 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,' rincinya.