UNPAB Menjadi Universitas Swasta Pertama yang melakukan..

UNPAB Menjadi Universitas Swasta Pertama yang melakukan peresmian Cabor Gateball Club di sumut

Kamis,03 Agu 2017 By redaksi

UNPAB-Medan: Peresmian Panca Budi Gateball sekaligus menjadikan Universitas Pembangunan panca Budi (UNPAB) Medan Menjadi Universitas Swasta Pertama yang melakukan peresmian Cabor Gateball  Club di sumut, kegiatan peresmian tersebut berlangsung di lapangan bola Panca Budi Medan pada tangal 2 Agustus 2017 di mulai pada pukul 14:00 WIB. (Medan, 2/8/17)

Dalam kegiatan tersebut turut hadir  Ketua Pengprov Gate ball Paul Ames Halomoan, Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis Ketua kontingen dari Sumut untuk POMNAS di Makassar Dr. Irwan Jasa Tarigan SH., MH, Pengurus BAPOMI Rektor Unpab Dr H M Isa Indrawan SE MM, Rektor III UNPAB Samrin SE MM, Direktur Pasca Kasim Siyo, Ka. bidang Kemahasiswaan Adian Hakim SP, beberapa dosen, mahasiswa/i dan siswa/i anggota Panca Budi Gate Ball.

Dalam sambutannya Ka. Pengprov Gateball Paul Ames Halomoan  menyampaikan “Pada saat ini pemerintah Provinsi dan BAPOMI sedang memperjuangkan agar gateball menjadi cabor eksebisi di POMNAS Makassar.

Jika lolos, maka team yg baru dibentuk harapaannya dapat terpilih menjadi atlet yg mewakili kontingen SUMUT Maka baik ketua Pengprov, KONI, BAPOMI,  dan Rektor mengharapkan para calon atlet dapat mempersiapkan diri dengan berlatih secara intensif meskipun tinggal menyisakan waktu 2 bulan lagi.

Sekilas tentang gateball, jenis olah raga yang dicetuskan oleh Eiji Suzuki di Hokaido Jepang pada tahun 1947. Termasuk olah raga yang unik dimainkan secara bersamaan antara tujuan rekreasi dan prestasi, karena olah raga ini tidak membedakan usia dan gender serta merupakan olah raga yang aman tidak terlalu memerlukan banyak tenaga, tidak ada kontak fisik dan dimainkan dipermukaan tanah.

"Olah raga ini termasuk baru di Indonesia, namun peminatnya sudah mulai terlihat banyak. Sekilas memang mirip dengan golf namun jika kita mainkan beda sekali dengan olah raga golf. Bahkan peralatan dan biaya pun beda jauh," ungkap Rektor UNPAB.

Olah raga ini dimainkan beregu di sebidang tanah empat persegi panjang dengan ukuran lebar 15 m dan panjang 20 m. Dimainkan dengan menggunakan alat pemukul (stick) seperti golf hanya berbentuk palu, dimainkan oleh 2 (dua) tim yang saling berlawanan.