Fakultas Pertanian UNPAB Adakan Penyususnan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

  • redaksi   Rabu, 07 Juni 2017

UNPAB-Medan:Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan mengadakan kegiatan Workshop Penyususnan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dalam rangka implementasi kurikulum sesuai KKNI yang diadakan di Ruang baca Perpustakaan Gedung D UNPAB yang dimulai pada pukul 09:00 Wib. (Rabu, 7/6/17)

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Rektor I UNPAB Bapak Ir Bhakti Alamsyah MT.,P.hD, Prof. Dr Efendy Napitupulu, M.Pd (Guru Besar UNIMED) selaku pemateri, Dekan Pertanian Najla Lubis S.T, M.Si, Prodi Agroekoteknologi UNPAB Ismail D, SP., Prodi Peternakan UNPAB Andhika Putra, S.Pt., MP dan Dosen Fakultas Pertanian UNPAB.

Seperti yang diketahui, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI mengeluarkan peraturan baru tentang kurikulum, yaitu Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Standar Nasional ini bertujuan untuk menjamin agar proses pembelajaran pada program studi mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu dengan Penerapan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sebagai kurikulum di Perguruan Tinggi yang berbasis pada capaian pembelajaran. “Dengan adanya workshop ini diharapkan Fakultas Pertanian UNPAB bisa mengetahui pentingnya untuk menguatkan Capaian Pembelajaran dan RPS di program studi. Sehingga UNPAB bisa menghasilkan lulusan yang baik dalam segi kemampuan dan juga sikap”, jelasRektor I UNPAB Bapak Ir Bhakti Alamsyah MT.,P.hD.

Dekan Fakultas pertanian Ibu Najla Lubis S.T, M.Si menyampaikan Penyusunan CP (Capaian Pembelajaran) dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) tidak hanya sekedar penyusunan lalu selesai, nantinya juga akan ada yang disebut Metode Evaluasi, yaitu tindak lanjut untuk memastikan bahwa RPS terlaksana dengan baik. “Semoga para peserta yang hadir di Workshop Penyusunan ini bisa memahami dengan baik.

Workshop Penyusunan CP dan RPS ini dilaksanakan selama satu hari. Dalam workshop, peserta dilatih bagaimana cara menyusun CP dan RPS yang baik sesuai dengan Kurikulum KKNI. Dan juga peserta mempresentasikan CP dan RPS yang telah dibuatnya sebagai bahan pembelajaran bersama selama workshop berlangsung.