Mahasiswa UNPAB Mengikuti Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Bagian Selatan Tahun 2017

  • redaksi   Senin, 29 Mei 2017

UNPAB-Medan: Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan mengikuti Sosialisasi Rekrutmen Mahasiswa/i  Dalam Rangka Kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Bagian Selatan Tahun 2017 Rabu, 23 Mei 2017 di Ruang Sidang Senat Akademik Gedung Biro Rektor Lt.III.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Letkol Inf. Safta Feryansyah ( Asisten Intelejen Kopassus), Wakil Rektor I USU Prof Dr. Rosmayati MS, Mayor Inf Indra Mardianto.

Dalam kegiatan tersebut Mayor Inf Indra Mardianto dalam sosialisasinya menyampaikan Paparan Rencana Pelaksanaan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017. 

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) kembali membuka kegiatan Ekspedisi NKRI 2017, yang kali ini giliran Papua bagian Selatan yang akan dijelajahi, dimana sebelumnya tahun 2016 tim Ekspedisi NKRI mengeksplore wilayah Papua Barat.

Ekspedisi NKRI 2017 koridor Papua bagian Selatan ini akan dimulai bulan Agustus sampai dengan bulan November 2017, yang tentunya diawali dengan pendaftaran melalui online www.ekspedisinkri.com dan perekrutan peserta pada 18 Juni 2017 dan dilanjutkan Untuk test di Pusdiklatpassus Batujajar serta pembekalan pra-ekspedisi di Situlembang mulai awal Juli 2017.

Tim yang nantinya akan berjumlah ribuan ini akan dibekali dengan sejumlah materi kegiatan yang dilakukan yaitu penjelajahan, penelitian yang meliputi bidang flora fauna, kehutanan, geologi ,potensi bencana, sosial budaya dan serbuan teritorial (pengabdian masyarakat).

Tema yang diusung oleh Tim Ekspedisi ini adalah “Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia.” dengan tujuan diselenggarakannya ekspedisi adalah untuk mendata dan meneliti seluruh potensi sumberdaya alam yang ada di Papua Bagian Selatan serta membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap wawasan kebangsaan dan bela negara, sekaligus memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan melalui program hijau bersih sehat.

Ekspedisi yang ketujuh ini, akan memijakkan kakinya di 2 Korwil dengan 5 Subkorwil, yaitu Korwil-1/Merauke, meliputi Subkorwil-1/Asmat di Kabupaten Asmat,Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi,Subkorwil-3/ Merauke di Kabupaten Merauke;serta Korwil-2/Boven Digul, meliputi Subkorwil-4/Mindiptana dan Subkorwil-5 /Tanah Merah

Jelang pelaksanaan keberangkatan tim ekspedisi ini, marilah kita mengetahui ataupun mengenal wilayah Papua bagian Selatan yang kaya akan budaya dan sejarahnya. www.channel-indonesia.com secara berkala akan mengupas dua Korwil dengan bagian subnya dengan memperkenalkan wilayah Merauke dan Wilayah Boven Digoel, dimana dikedua wilayah tersebut baru melakukan pemekaran wilayah administratif.