PENTINGNYA MEMILIKI SERTIFIKAT INTERNASIONAL SEBAGAI PENDAMPING IJASAH SARJANA

  • redaksi   Sabtu, 29 April 2017

UNPAB-Medan: Dra. Hj. Irma Fatmawati, SH, M.Hum, dalam sambutannnya mengatakan, “Kelak lulusan UNPAB yang telah tersertifikasi berstandar internasional memiliki kesempatan yang semakin terbuka dan dapat bersaing tidak hanya di lingkungan industri lokal, melainkan juga mampu menempuh karir di kancah internasional. Test yang dilakukan saat ini diikuti oleh Dosen, Pegawai dan Mahasiswa UNPAB, serta beberapa peserta yang bersedia hadir dari lingkungan organisasi profesi dan perguruan tinggi lainnya di Sumatera Utara. Ada peserta yang datang khusus dari luar kota untuk melakukan test. Hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat Sumatera Utara terhadap sertifikat bersatandar internasional sangat besar. Demikian yang dikatakan Irma Fatmawati dalam sambutannya.

Irma Fatwati menambahkan, “IC3 akan menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang akan memberatkan Curriculum Vitae lulusan UNPAB untuk memenangkan persaingan dunia kerja saat ini. Ijazah dan daftar nilai tidak cukup untuk membuktikan apakah seseorang berkompeten atau tidak dibidang komputer, pada saat ini juga computer bukan lagi bagian terpisahkan dalam dunia kerja dan industry, computer sudah menjadi bagian utama dalam setiap sisi pekerjaan dan kehidupan dunia saat ini,”  demikian pernyataan Rektor II UNPAB ini.

Menurutnya, LPPro UNPAB sebagai salah satu lembaga yang telah dipercaya menjadi Tempat Uji Komptensi (TUK) berperan untuk turut serta meningkatkan SDM, khususnya tenaga ahli bidang computer, teknik, manajemen, akuntansi, perpajakan, para-legal,  dan teknologi pertanian yang profesional, komprehensif dan inovatif dalam berpartisipasi mengisi pembangunan nasional berkelanjutan. Peningkatan SDM ini dilakukan LPPro UNPAB melalui kegiatan Sertifikasi Kompentensi dan profesional. Tegas Irma Fatmawati.

LPPro UNPAB mendapatkan kesempatan dari PT. International Test Center (ITC) selaku perwakilan Certiport di Indonesia, untuk menyelenggarakan Test Komputer. Dan yang menarikknya lagi LPPro bersama Certiport – ITC menyelenggarakan sertifikat berorientasi produk, dan bila peserta berhasil menempuh test dengan baik dan berhak menambah gelar dibelakang kesarjanaanya, seperti, Microsoft Office Specialist (MOS) yaitu Sertifikasi untuk penggunaan Microsoft Office, Microsoft Certified System Administrator (MCSA), Sertifikasi Administrator Server Windows 2000 atau .Net (dot-Net), Microsoft Certified System Engineer (MCSE), Sertifikasi Administrator dan Perancangan Sistem berbasis Server Windows 2000, Microsoft Certified Desktop Support Technician (MCDST), Sertifikasi untuk Technical & Customer Service Skills, Microsoft Certified Database Administrator (MCDBA), Sertifikasi untuk Administrator Microsoft SQL Database Server, dan Microsoft Certified Trainer (MCT), Sertifikasi untuk kualifikasi intruktur pelatihan. LPPro juga menjalin kontrak kerjasama dengan CISCO, untuk Pendidikan Khusus Profesi Avokat. Kemudian kerjasama dengan Ikatan Penasehat Hukum Indonesia, untuk sertifikat advokat. Serta menyelenggarakan Pelatihan Pajak Brevet A/B. LPPro UNPAB berkantor di jalan Timor No. 27 D Medan, sebagai Kampus II Panca Budi Medan.

Sebelum dilaksanakan Test, peserta mendapatkan pengarahan dari Treesia, ST., dan Ir. Gunawan Ramli, M.Kom, MTA, MOS., tentang pelaksanaan test, dan membuat peserta menjadi lebih mudah dan nyaman dalam menjalan test. 500 orang peserta test. Untuk memperoleh sertifikat IC3, pengambil tes harus lulus 3 (tiga) tes yang tersedia yaitu Computing Fundamentals, Key Applications dan Living Online yang merupakan tes pengetahuan tentang komputer berupa pertanyaan dasar dan soal latihan. Setiap tes membutuhkan waktu kurang dari 1 (satu) jam. Hadir dalam acara ini Ketua Kantor Jaminan Mutu, Dekan, dan Ketua Program Studi di UNPAB.