Diskusi Ilmiah Mahasiswa Arsitektur UNPAB Bersama Ketua Umum Arsitek Lansekap Indonesia

  • redaksi   Rabu, 12 April 2017

Medan-UNPAB: Fakultas Teknik Program studi Arsitektur Univeristas pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan melaksanakan kegiatan Diskusi Ilmiah bersama Ketua Umum Arsitek Lansekap Indonesia Ibu Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA, IALI di gedung Makhtab Ruangan 103 Univeristas Pembangunan Pancabudi Medan Jl. Gatot Subroto Km.4,5 dimulai pada pukul 14:00 WIb. (Medan, 12 April 2017)

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Rektor UNPAB Bapak Dr. H. M. Isa Indrawan SE MM, Dekan Fakultas Teknik Ibu Sri Shindi Indira, ST., M.Sc, Prodi Fakultas Teknik Arsitektur Sylviana Mirahayu Ifani, ST., MT, Alumni Fakultas Tekni Arsitektur dan Mahasiswa Fakultas Arsitektur UNPAB.

Dalam kegitan tersebut Fakultas Teknik Arsitektur UNPAB bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Landskap Indonesia (IALI) IALI merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dan mewakili Arsitek Lansekap di Indonesia, termasuk para mahasiswa/mahasiswi arsitektur lansekap dan seluruh elemen masyarakat yang berempati terhadapp issue – isue konservasi alam dan budaya, pembangunan kota hijau, dan pembinaan lingkungan binaan yang sesuai dengan visi misi organisasi IALI. Organisasi IALI telah menjelma menjadi organisasi besar dengan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai belahan dunia. Saat ini terdapat 15 Pengurus Daerah IALI dan 7 Pengurus Cabang dan terus berkembang menjangkau seluruh provinsi di Indonesia.

Seorang Arsitek Lansekap dituntut harus memiliki kemampuan : 1.) Pemahaman tanaman lokal maupun tanaman introduksi beserta teknik-teknik konstruksi penanamannya (termasuk pengetahuan sistem irigasi, drainase dan pencahayaan) dengan managemen pemeliharaan/pengelolaannya, termasuk manajemen proyek selama pembangunan dan selanjutnya. 2.) Pemahaman tapak dalam bidang Klimatologi, Ekologi, Geologi, Tanah, Sosiobudaya, Sejarah dan Ekonomi. 3.) Pemahaman Arsitektur Bangunan, Teknik sipil, Perencanaan tata kota dan wilayah. 4.) Terlatih baik dalam menuangkan ide, gagasan dan buah pikiran baik secara verbal atau graphis atau visual. 5.) Memiliki daya penalaran ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan, berwatak dan berjiwa sosial serta berkemampuan menyampaikan ide secara komunikatif. 6.) Berjiwa wirausaha dengan menaati kode etik profesi kata Rektor UNPAB Bapak Dr. H. M. Isa Indrawan SE MMdalam sambutannya.