Fakultas Pertanian UNPAB Field Trip Ke Kebun Salak dan Kurma Desa Tiga Juhar

  • redaksi   Senin, 27 Maret 2017

UNPAB-Medan: Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melakukan Field Trif ke kebun Salak dan Kurma di Desa Tiga Juhar Kabupaten Deli Serdang pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2016, kunjungan ini merupakan implementasi MoU antara Fakultas Pertanian UNPAB dengan PT. Arie Tour And Travel Cabang Medan dimana kebun salak dan kurmatersebut merupakan milik bapak Ir. Zein Ginting sebagai presiden direktur PT. Arie Tour and Travel. Dalam kunjungan tersebut para mahasiswa di sambut oleh manager kebun yaitu Bapak Dedi Juliardi dan beberapa staf kebun. Dengan berkembanggnya kebun salak tersebut maka buah salak yang dihasilkan memiliki nama khas yaitu Salak Ponti (salak pondoh tiga juhar)

Pada saat ini Varitas salak yang di budidayakan adalah tanaman salak pondoh (Salacca zalacca Gaertner Voss), tanaman salak madu (Salacca Edulis Reinw) dan salak gula pasir (Salacca zalacca var. Gulapasir). Ketiga varietas tanaman salak tersebut mempunyai keunggulan masing masing, baik dalam rasa dan bentuk

Bapak Dedi Juliardi menerangkan kepada mahasiswa tentang keunggulan masing-masing varietas salak tersebut yaitu :

  1. Salak madu (Salacca Edulis Reinw)

Buah Salak madu ini merupakan salah satu jenis buah salak yang terbaik dapat tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Tanaman buah salah madu ini berasal dari daerah Sleman Yogyakarta. Keistimewaan dari tanaman salak madu ini dapat dilihat dari buahnya yang mempunyai ciri ciri tertentu. Buah salak madu ini dicirikan dengan  daging buah yang empuk dan tebal. Untuk rasa buah salak ini manis menyerupai rasa madu. Tanaman salak madu ini berproduksi buah salak sepanjang tahun atau yang sering kita kenal sebagai tanaman yang berbuah dengan tidak mengenal musim.

  1. Salak pondoh (Salacca zalacca Gaertner Voss)

 Dalam dunia pertanian, dikenal istilah dari kultivar yang diartikan sebagai sekelompok tanaman  yang telah dipilih untuk suatu ciri tertentu yang khas dan dapat dibedakan secara jelas dari kelompok lainnya, serta tetap mempertahankan ciri-ciri khas ini jika diperbanyak dengan cara tertentu, baik secara seksual maupun aseksual. Kultivar merupakan produk dari pemuliaan tanaman. Kultivar salak pondoh termasuk jenis salak terbaik di Indonesia dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Tanaman salak pondoh ini terdiri dari bermacam-macam jenis. Beberapa yang cukup terkenal yaitu salak pondoh super, salak pondoh hitam, salak pondoh gading dan salak pondoh nglumut yang berukuran besar. Keistimewaan dari buah salak pondoh antara lain mempunyai daging buah yang manis dan garing. Tekstur daging buah salak pondok ini renyah dan daging buah salak pondok ini tidak berasa sepat meskipun dimakan buahnya ketika masih muda.

  1. Salak Gula Pasir (Salacca zalacca var. Gulapasir)

Tanaman Salak terbaik yang ketiga berasal dari pulau Bali yaitu salak gula pasir. Keistimewaan dari salak gula pasir ini memiliki rasa yang manis. Daging buahnya tebal dan mempunyai biji buah salak yang kecil dibandingkan dengan jenis salak lainnya. Walaupun buahnya masih muda ketika dimakan rasanya terasa manis dan agak sulit untuk mengupas kulit buahnya.

“Usaha pembudidayaan tanaman salak ini yang sekarang telah menjadi kebun salak telah dimulai dari tahun 2004.  Budidaya tanaman salak ini dilakukan pada lahan pertanian dengan luas lahan 15 Ha. Produksi buah salak pada saat ini sebanyak 2 ton perbulan dalam 1 hektar” kata pak Dedi Juliardi.

            Tidak hanya tanaman salak yang dapat dilihat oleh mahasiswa namun di kebun tersebut saat ini juga sedang dikembangkan tanaman kurma tropis seluas 1 Ha. Dengan harapan tanaman kurma tersebut mulai berbuah 3 tahun setelah tanam.   

Ade menambahkan, kegiatan kunjungan ke kebun salak ini bertujuan agar mahasiswa-mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi khususnya untuk mahasiswa Fakultas Pertanian dapat mengenal tanaman salak yang mempunyai beraneka ragam varietas. Pada kebun salak ini bisa kita mendapatkan informasi dan pelajaran dengan praktek langsung perbanyakan tanaman salak dengan cara pencangkokan. Juga dapat mempelajari bagaimana proses penyerbukan bunga jantan ke bunga betina tanaman salak. Oke Teman-teman semoga bermanfaat informasi ini. Salam hangat dari tim jurnalis Fakultas Pertanian UNPAB.