UNPAB Adakan Workshop Peranan Pedagogik Dosen

  • redaksi   Senin, 13 Maret 2017

Medan-UNPAB: Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan  Adakan Workshop Peranan Pedagogik Dosen Dalam Pelaksanaan Sistem KKNI di Perguruan Tinggi, yang di adakan di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan Jl GAtot Subroto Km.4,5 Gedung D Ruang Baca Pustaka Pada tanggal 13/3/17 dimulai pada pukul 08:00 WIB.

Dalam kegiatan ini Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Prof Dian Armanto. Menjadi narasumber Workshop Peranan Pedagogik Dosen Dalam Pelaksanaan Sistem KKNI di Perguruan Tinggi, “pedagogik adalah ilmu yang mempelajari masalah membimbing anak ke arah tujuan tertentu, yaitu supaya ia kelak “mampu secara mandiri menyelesaikan tugas hidupnya”. Jadi pedagogik  adalah ilmu untuk mendidik anak” kata Prof Dian.

proses paedagogis sebagai sebuah proses pendidikan yang menyoroti hubungan antara pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran yang bertujuan utnuk mengembangkan kepribadian siswa agar mempersiapkan dirinya untuk menjalani kehidupan. Beliau juga memperhitungkan hubungan antara semua proses dan pendidikan sebagai target pencapaian sekolah, namun proses paedagogis tidak melampaui batas-batas institusi pendidikan. Beliau tidak mempertimbangkan bahwa keluarga dan masyarakat juga terlibat dalam pendidikan generasi sekarang dan mendatang.

Prof Dian Juga Menjelaskan Ilmu pendidikan sebagai teori perlu dipelajari karena akan memberi beberapa manfaat:

1)Dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui arah serta tujuan mana yang akan di   capai, 2) Untuk menghindari atau sekurang-kurangnya mengurangi kesalahan-kesalahan dalam praktik, karena dengan memahami teori pendidikan, seseorang akan mengetahui mana yang boleh dan yang tidak boleh di lakukan, walau teori tersebut bukan suatu resep yang jitu.

3) Dapat di jadikan sebagai tolak ukur, sampai di mana seseorang telah berhasil melaksanakan tugas dalam pendidikan.

Dalam Kegiatan ini turut hadir rektor UNPAB Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E, M.M, Rektor I Ir. Bhakti Alamsyah, M.T, Ph.D, Rektor II Dra. Hj. Irma Fatmawati, S.H, M.Hum, Rektor III Samrin, S.E, M.M, Dosen dan Prodi Se-UNPAB.