Diskusi Imiah Dosen Dan Mahasiswa UNPAB tentang Kedudukan membahasa ketatanegaraan di indonesia

  • redaksi   Rabu, 01 Februari 2017

Medan-UNPAB: Diskusi Ilmiah dosen dan Mahasiswa Fakultas hukum Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan pada hari Jumat 27 Januari 2017 pukul 14:00-16:00 WIB di gedung A Ruang Seminar dengan judul diskusi "Kedudukan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Fatwanya dalam Perspektif ketatanegaraan di indonesia.

Dalam kegiatan kali ini Bapak Drs M Syyarif SH MH Dosen Fakultas Hukum UNPAB sebagai pemateri, kegiatan ini di hadiri juga oleh Dekan Fakultas Hukum, Prodi Fakultas Hukum 12 Orang Dosen dan 13 Mahasiswa, Bapak Drs M Syyarif SH MH menjelaskan alasan kenapa mengangkat tema tersebut karena "Jika diamati dalam pembicaraan orang awam sehari hari, sering sekali istilah syari’ah, fikih, dan hukum Islam dipakai dalam makna yang sama atau hampir bersamaan, padahal meskipun istilah istilah tersebut saling berhubungan namun ada perbedaan yang sanga spesifik. Keadaan ini terasa agak mengganggu bagisiapa saja yang ingin memahami hukum Islam secara baik dan benar. Untuk itulah penyaji dalam bagian pertama ini menjelaskan pengertian dan perbedaan istilah istilah tersebut.

Ibu Dina Andiza, S.H, M.Hum selaku Prodi Hukum menyampaikan dalam pembahasan tersebut juga membicarakan tentang kedudukan MUI di indonesia, pengertian syariah, pengertian fiqih,  pengertian dan fungsi ulama dalam mengeluarkan fatwa, dan  juga membahas kasus ahok.