Mahasiswa Bidikmisi UNPAB Raih Juara 5 Nasional diajang Economic Youth Summit 2016

  • redaksi   Kamis, 24 Nopember 2016

Medan-UNPAB: Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi kembali memperoleh prestasi ditingkat nasional. Kini giliran Yudha Moningka mahasiswa Bidikmisi dari Fakultas Pertanian Prodi Peternakan, Maya Syaulla dan Reni Triana mahasiswi Bidikmisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisinis prodi Menejemen pada ajang Economic Youth Summit 2016 di universitas Islam Negeri Syahrif Hidayahtullah Jakarta pada tanggal 21-22 November 2016 yang diikuti oleh 26 tim dari 15 universitas yang ada di Indonesia yaitu, UNPAB, UMSU, UNRI, Univ. Bangka Belitung, UIN Jakarta, STEI SEBI, Univ. Budi Luhur, Univ. Tarumanegara, IPB, UNY, UNNESA, dan Univ. Udayana Bali.

Mahasiswa UNPAB berhasil mengalahkan Institut pertanian Bogor dibabak penyisihan dengan memperoleh skor 219 dengan memperdebatkan mosi “Institusi pasar yang kokoh dan tidak menganut sistem ekonomi campuran dapat memperbaiki masalah multidimensional di Indonesia” dengan hasil ini maka UNPAB berhak melaju ke babak semifinal. Dari 26 tim maka diambil 13 tim yang berhak melaju ke babak semifinal sehingga harus ada babak prasemifinal agar menjadi 12 tim. Situasi ini tidak menguntungkan UNPAB, pasalnya saat melakukan undian UNPAB harus berada di babak prasemifinal dan harus berhadapan dengan Univ. Tarumanegara. Dibabak ini UNPAB kembali menggayang Univ. Tarumanegara dengan skor 219 dan memperdebatkan mosi “Pro Kontra kenaikan gaji buruh di Indonesia setiap tahun.” di babak Semifinal, Universitas Negeri Yogya Sudah menunggu pemenang antara UNPAB vs Univ. Tarumanegara, namun lagi-lagi Yudha Moningka dkk berhasil mengembalikan UNY lebih awal dengan skor telak 237 dan memperdebatkan mosi “Pro kontra pemberlakuan pajak bagi Industri e-Commers di Indonesia.” dibabak final UNPAB harus berhadapan dengan Univ. Budi Luhur Jakarta dengan mosi perdebatan “Pro Kontra Perpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.” Setelah semua nilai diakumulasi UNPAB menjadi juara 5 nasional atau harapan II tingkat nasional.

Kami tidak menyangka bisa meraih juara nasional, karena dimulai dari babak penyisihan kami sudah harus menghadapi lawan yang berat yaitu IPB, kemudian kami harus melewati babak prasemifinal, serta harus melawan tim kuat dari Yogya yaitu UNY. Hasil ini kami persembahkan untuk UNPAB, semoga tetap menjadi universitas terbaik No I di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dan kedepannya kita bisa meraih juara yang lebih baik lagi. Terima kasih kepada seluruh elemen yang mendukung dan memfasilitasi keberangkatan kami, Bapak Rektor, Rektor I, Rektor II, Rektor III, Pak Hakim, Bang Muluk, dan pak Darma Nasution yang membimbing kami. Pada perlombaan ini UNPAB Medan merupan tim terbaik dari segi teknik perdebatan dengan memperoleh skor tertinggi 85 saat di final karena ada beberapa teknik mematikan yang dikeluarkan oleh Yudha Moningka yang dapat mematikan tim lawan ungkap Reni Triana.”