INTEGRASIKAN NILAI DAN AJARAN ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM, UNPAB SELENGGARAKAN DISKUSI ILMIAH KONTESTASI SEKOLAH ISLAM TERPADU DAN MADRASAH

  • timredaksi   Kamis, 10 Maret 2022

Program Studi Agama Islam Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, menyelenggarakan kegiatan Diskusi Ilmiah Pendidikan Agama Islam, dengan tema "Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Kontestasi Sekolah Islam Terpadu dan Madrasah", yang dilaksanakan di  Gelanggang Mahabento, UNPAB Medan, pada Rabu (09/03/2022).  

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Agama Islam dan Humaniora UNPAB, Dr. Fuji Rahmadi P, S.HI., MA., Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam UNPAB, Fitri Amaliah Batubara, S.Pd.I., M.Pd.I., dan sekitar 30 peserta dari civitas akademik UNPAB. Narasumber kegiatan Diskusi Ilmiah ini adalah Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sumatera Utara, Arbi Pasaribu, M.Pd., Kepala Sekolah MAN I Medan, Reza Faisal, S.Pd., M.PMAT., dan dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam UNPAB, Dr. Ibrahim Hasan,M.Pd.,  

Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan menjalin komunikasi, serta kerja sama antara UNPAB dengan berbagai stakeholder terkait, sebagai upaya memajukan pendidikan melalui Sekolah Islam Terpadu dan Madrasah.

Dalam aplikasinya, Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan pendidikan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak terlepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam, yang berlandaskan Al-Quran dan As-Sunah.

Dalam kata sambutannya, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan diskusi ilmiah ini, serta berterimakasih kepada para narasumber yang bersedia berbagi ilmu, pengalaman, dan pemikiran dalam acara ini.

Rektor UNPAB menyatakan, bahwa melalui diskusi ini diharapkan bisa memberikan wawasan yang lebih luas bagi civitas akademik, terkhusus dalam lingkup Program Studi Pendidikan Agama Islam, terkait dengan perkembangan terkini dan tren baru dalam dunia pendidikan Islam, melalui kontestasi Sekolah Islam Terpadu dan Madrasah.

Salah satu tujuan pendidikan adalah mencerdaskan anak bangsa, membangun pola pikir yang baik, serta terkait erat dengan pembangunan karakter siswa dan siswi. Ini semua akan menjadi bentuk amal dan implementasi dari berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan (fastabiqul khairat).

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini sangat sejalan dengan visi dan misi UNPAB dalam mengembangkan IPTEK berdasarkan Al-Quran dan Hadist, serta untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menggali sumber-sumber ilmu yang berfaedah dalam bidang IPTEK dan IMTAQ.


seminar,unpab