UKM Center Unpab Latih 500 Calon Pengusaha Muda

  • redaksi   Kamis, 03 Nopember 2016

Medan- UNPABUsaha Kecil dan Menengah (UKM) Center Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan mendatangkan dua motivator ternama Indonesia dan Malaysia untuk melatih 500 mahasiswanya menjadi calon pengusaha muda, Kamis (3/11) di Ruang Maktab 313 kampus perguruan tinggi tersebut, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan.
Dua motivator ternama yang juga pengusaha sukses itu adalah Bung Mansur, pendiri BM Resources (Indonesia), dan Dr Muhammad Syafiq Abdullah, President Asean Bay Limited (Malaysia). Keduanya dengan penuh semangat membangkitkan jiwa kewirausahaan dan inovasi mahasiswa Unpab. 
Hadir dalam acara itu, Rektor Unpab Dr HM Isa Indrawan SE, MM diwakili Rektor III Samrin SE, MM, para dekan di lingkungan  Unpab, Direktur UKM Center Unpab Rahima Br Purba SE, MSi, CAk, dan Staf UKM Center Robi Krisna SE, MH.
Rektor Unpab diwakili Rektor III Samrin SE, MM dalam sambutannya saat membuka pelatihan itu mengatakan, pelatihan kewirausahaan ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan era persaingan bebas saat ini dan ke depan. 
Dia menyatakan, sejarah telah membuktikan UKM merupakan penyelamat perekonomian bangsa ketika krisis mendera Indonesia pada tahun 1998. “Ketika perusahaan-perusahaan besar bertumbangan dan terpaksa memecat ribuan karyawannya pada 1998, UKM justru bertahan kokoh dan jadi penyelamat perekonomian Indonesia. Ini karena UKM tidak terbebani oleh pengembalian pinjaman,” kata dosen Fakultas Eknomi Unpab itu. 
Karenanya, kata Samrin, Unpab sangat konsern menciptakan lulusan yang berjiwa kewirausahaan (entrepreneur). Sehingga pada tahun 2000-an Unpab membentuk UKM Center guna mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam dunia wirausaha. 
Sementara itu, Bung Mansur membeberkan, dia adalah seorang wirausaha yang berangkat dari nol karena lahir dari keluarga sangat sederhana dan kemudian melompat menjadi milyuner dalam waktu 3 tahun.
“Hidup anda berubah jika anda membuat satu keputusan yang mantap,” ujar Bung Mansur yang juga pendiri dan pemilik Manstonegrup Company di London. 
Menurutnya, hidup akan berubah jika mau mengambil keputusan mantap. “Mengambil keputusan ke depan, jangan hidup di masa lalu. Itu akan menjadi mental blok. Kuncinya adalah pola pikir atau sukses mind. Jangan takut mengambil keputusan melangkah menjadi pengusaha. Semua bisa menjadi pengusaha sukses, tak terkecuali,” ujar pengusaha properti  dan Direktur BM Transformation Company ini.
Dia lalu mengajak ratusan mahasiswa untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. “Kendalikan lingkungan, bukan lingkungan yang mengendalikan kita. Selain itu, pengusaha harus harus rajin, jujur, disiplin, bertanggungjawab dan berani mengambil risiko. Fokus apapun yang anda kerjakan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda,” tandasnya. 
Sedangkan Dr M Syafiq mengungkap rahasia sukses. Di antaranya, harus ikhlas menerima kegagalan saat memulai usaha. “Sebab kegagalan yang berulang akan semakin mendekatkan anda pada kesuksesan,” kata pria yang kini menekuni perdagangan melalui E-Commerce ini. 
Menurut Syafiq, tidak ada perbedaan manusia untuk meraih kesuksaan. Semua bisa sukses jika percaya diri, mampu berinovasi dan mengetahui dimana uang tersembunyi. “Kita tak perlu mencari duit, tapi kita mengundang duit,” tambah motivator berpaspor Malaysia ini. 
Direktur UKM Center Unpab Rahima Br Purba mengatakan, pelatihan dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama diikuti 250 peserta dan sesi kedua juga 250 peserta. “Peserta berasal dari seluruh program studi yang ada di Unpab,” tuturnya. ( )