Pelepasan keberangkatan Pertukaran Mahasiswa UNPAB Ke Yogyakarta Dalam Program Permata

  • redaksi   Senin, 24 Oktober 2016

Medan-UNPAB: Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi  (UNPAB) Medan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA). Tahun ini, akan diberangkatkan 7 orang mahasiswa UNPAB  ke berbagai universitas di Yogyakarta; Fakultas Hukum sebanyak 1 orang, Fakultas ekonomi 1 orang,Fakultas  Pertanian 1 orang, Fakultas Peternakan 1 orang, Fakultas Ilmu Komputer  1 orang, Fakultas Teknik 1 orang dan Fakultas FAI  1 orang,.

Pelepasan rombongan mahasiswa PERMATA UNPAB  2016 yang berangkat hari ini(24/10/2016). Hadir dalam acara itu Ka.Biro kemahasiswaan Bapak Adian Hakim SP. Lama pertukaran yang akan dijalankan seluruh peserta PERMATA 2016 adalah 1 semester. Seluruh biaya peserta PERMATA UNPAB 2016 ditanggung oleh DIKTI. Hal ini dimaksudkan agar para peserta tidak mengalami beban dan kendala dalam menjalani kegiatan PERMATA di universitas lain, sehingga para peserta nantinya dapat lebih fokus dalam menerima mata kuliah yang ada.

Secara umum tujuan dari kegiatan PERMATA adalah untuk: meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa melalui pertukaran mahasiswa PTN se Indonesia, meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se-Indonesia. Mempersiapkan pemimpin bangsa yang memiliki karakter nasional yang berwawasan kebangsaaan NKRI. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dan memanfaatkan fasilitas pendidikan dan suasana akademik di PTN tujuan. Memperkecil kesenjangan mutu pendidikan antar PTN se Indonesia.

Secara khusus program PERMATA ditujukan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas PTN dan lintas budaya, serta memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil perkuliahan di PTN yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa yang bersangkutan, serta atmosfir akademik yang berbeda melalui peningkatan mobilitas mahasiswa.

Kerjasama sesama perguruan tinggi maupun dengan lembaga lain sangat penting bagi pembangunan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Kerjasama pendidikan akan memberikan peluang bagi pendidikan tinggi nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring antar perguran tinggi nasional. Kerjasama akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika perguruan tinggi, meningkatkan sinergi antara perguruan tinggi, meningkatkan efisiensi sumber daya untuk pembelajaran dan riset, menumbuhkembangkan Center of Excellence, meningkatkan standar mutu antar perguruan tinggi nasional, membangun kapasitas bersama untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan memperkuat peran perguruan tinggi sebagai perekat persatuan negara.