Dosen Fakultas Ilmu Komputer UNPAB Menjadi Pemakalah Da..

Dosen Fakultas Ilmu Komputer UNPAB Menjadi Pemakalah Dalam Kegiatan Trend of Digital Data in Cyber Era : Digital Forensic and Biomedical Technique

Senin,17 Okt 2016 By redaksi

Medan-UNPAB:Pada hari Sabtu, tanggal 15/10/2016 telah dilaksanakan Konferensi nasional pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (KeTIK) 2016.Kegiatan ini merupakan seminar national ketiga kalinya yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Tema yang diangkat pada konferensi kali ini adalah Trend of Digital Data in Cyber Era : Digital Forensic and Biomedical Technique dengan pembicara yakni AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar (Kasubbid Komputer Forensik Puslabfor Mabes Polri), M.Sc. dan Santi Wulan Purnami, M.Si., Ph.D. Acara konfrensi dihadiri oleh pemakalah dan peserta dari berbagai universitas di Sumatera Utara. Tidak ketinggalan Universitas Pembangunan Panca Budi,hadir juga pemakalah bapak Andysah Putera Utama Siahaan, S.Kom., M.Kom. dan bapak Robbi Rahim, S.Kom., M.Kom.

Materi yang dipaparkan oleh bapak AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar, M.Sc. sangat beguna bagi seluruh peserta dan masyarakat. Dalam pidatonya beliau menekankan pentingnya peran digital forensic dalam proses hukum di Indonesia. Salah satu case study yang dijelaskan beliau adalah misteri dibalik kopi sianida. Digital forensic merupakan metode yang sah yang digunakan oleh majelis hukum pada saat persidangan. Materi yang berhubungan dengan penetration, hacker activity dan juga digital forensic adalah materi yang kedepannya sangat dibutuhkan oleh banyak pihak pada era digital. Dengan penerapan digital forensic, suatu kasus tindak kejahatan dapat terungkat dengan cepat dan pasti.Pada saat ini Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan sudah menerapkan mata kuliah digital forensic sesuai dengan kurikulum KKNI. Mengenalkan mata kuliah ini kepada para mahasiswa memberikan pengetahuan selangkah lebih maju untuk membantu masyarakat mengurangi tindak kriminal.

Akhir kata kami ucapkan wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam dari kami, Andysah Putera Utama Siahaan, S.Kom., M.Kom. dan Robbi Rahim, S.Kom., M.Kom.