Fakultas Ekonomi UNPAB gelar Seminar OJK..

Fakultas Ekonomi UNPAB gelar Seminar OJK

Selasa,27 Sep 2016 By redaksi

Medan-UNPAB: Sesuai dengan Undang-undang nomor 21 tahun 2011 tentang Ototritas Jasa Keuangan (OJK), khususnya pasal 55, maka sejak tanggal 31 Desember 2013, fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan dan pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan beralih dari Bank Indonesia ke OJK.

Hal ini tentu sangat mendasar dan sangat penting bagi pembangunan disektor ekonomi khususnya sektor keuangan atau perbankan. OJK menjadi lembaga baru yang sangat besar dan strategis kewenanganya. Bukan hanya sektor perbankan tetapi juga sektor keuangan lainya. Secara lengkap sebagaimana terdapat dalam pasas 6 yang menyatakan, bahwa OJK melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan terhadap  kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan,kegiatan jasa keuangan di sektor Pasar Modal dan kegiatan jasa keuangan di sektor Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya.

Atas dasar hal tersebut, maka dilaksanakan Seminar OJK bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Universitas pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, Selasa (27/09). Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan di Gedung D Ruang Perpustakaan Kampus Panca Budi Jalan gatot Subroto Km 4,5 Medan. dibuka secara resmi oleh Bapak Anwar Sanusi.,M.Si.

Dalam sambutannya, Bapak Anwar Sanusi.,M.Si.mengucapkan terimakasih kepada Pihak OJK yang telah melibatkan UNPAB  dalam rangka memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang peran, fungsi dan tugas institusional OJK sebagai pengaturan dan pengawasan terhadap  kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan,kegiatan jasa keuangan di sektor Pasar Modal dan kegiatan jasa keuangan di sektor Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya.

“ Diharapkan melalui kegiatan ini para mahasiswa sebagai agen perubahan, dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang kedudukan, fungsi, peran dan tugas-tugas OJK di negara ini. Dan dengan adanya kegiatan ini tentunya semakin menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa baik mahasiswa fakultas ekonomi maupun fakultas lainnya,kami juga berharap kedepannya kerjasama antara UNPAB dengan OJK dapat berjalan dengan baik” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan ekonomi dan Bisinis oleh Bapak Anwar Sanusi.,M.Si., Kaprodi Perpajakan Anggi Pratama Nst,SE.,M.Si, Kaprodi Ekonomi Pembagunan Saimara Sebayang SE.,M.Si. dari OJK Kusnadi dan Mangihut Parlindungan Aritonang, Bapak Yoseph Kaburuan MBA dari Bursa Efek Indonesia (Pasar Modal Indonesia Reksadana), Bapak Saut Ebeneser dan bapak Diadzani J.Hulumuda dari BRI (rl)