Tim Unpab Raih Juara Harapan III Lomba Debat Tingkat Nasional

  • redaksi   Kamis, 02 Juni 2016

Medan-UNPAB: Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan  menorehkan prestasi dalam ajang Lomba Debat dalam kegiatan Nasional Economics Creative Competition dengan Tema “ Optimalisasi Sumber Daya Alam Indonesia yang Berbasis Ekonomi Kreatif ” yang diadakan oleh Koperasi Mahasiswa UIN Sultan Alauddin Makasar dan Economics Study Club.

Kompetisi yang digelar pada 25-28 Mei 2016  ini diikuti oleh 16 tim dari berbagai universitas di Indonesia dan Unpab satu-satunya Perguruan Tinggi asal Sumatera Utara. Dari 1 tim yang mewakili Unpab dalam kompetisi ini berhasil memperoleh gelar juara Harapan III. Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa yakni Hawani Lubis (Fakultas Hukum), Sri Banun (Fakultas Hukum) serta Yudha Moningka Fakultas Pertanian.

Hawani, salah satu anggota tim yang memperoleh juara Harapan III, mengakui bahwa persaingan dalam debat ini cukup ketat, mengingat masing-masing tim sama-sama memiliki argumen yang kuat. Namun, tim ini berhasil meyakinkan dewan juri melalui argumen serta data yang dipaparkan, sehingga akhirnya mereka bisa melewati penyisihan walaupun belum meraih juara pertama.

Pada mosi pertama, tim ini berhasil mengalahkan tim dari Alauddin Makasar yang menjadi lawan mereka dalam tema “Bahwa pentingnya UMKM dan koperasi sebagai salah satu pilar prekonomian nengara indinesia”. Kemudian dilanjutkan dengan mosi kedua “Bahwa orientasi masyarakat Indonesia adalah mecari kerja bukan membuat pekeraan” Unpab melawan Unhas dan pada mosi ketiga dengan tema “Bahwa penerapan UU tax amnesty mampu mendorong penerimaan pajak Negara” Unpab melawan Unhas.

 “Melalui kegiatan ini kami dapat melatih kemampuan berargumen di depan publik serta mendapatkan pengalaman baru, karena ini merupakan pengalaman yang luar iasa bagi kami. Semoga kedepannya dapat lebih baik lagi dan dapat memotivasi teman-teman mahasiswa lainnya agar aktif dan bergabung dengan tim debat yang ada di Unpab”, tutur Hawani.

“ Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan rekan-rekan mahasiswa yang ikut dalam debat tersebut, karena selama di sana kami disambut dan diperlakukan dengan sangat baik dan penuh rasa kekeluargaan, kami juga merasa bangga ternyata Unpab sudah cukup di kenal di luar Sumatera dan bahkan banyak yang penasaran dan ingin segera berkunjung ke Unpab, mendengar ungkapa mereka tentunya kami sangat apresiasi dan siap menyambut baik dan sampai bertemu di kampus tercinta Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan” tambah Hawani. (Hms)