STUDY BANDING FAKULTAS PERTANIAN UNPAB MEDAN

  • redaksi   Kamis, 19 Mei 2016

Berpetualang Seru Sarat Ilmu

 

Medan-UNPAB : Selasa, 10 Mei 2016 , Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Sumatera Utara melakukan studi banding ke Institut Pertanian Bogor, SEAMEO Biotrop, BALITNAK, BSB Agatho, BALITSA Lembang dan BIB Lembang.

Kegiatan dimulai dari Kampus IPB pada tanggal 11 Mei 2016   mengenai bidang :

  • Pengembangan Sumber Daya Manusia terutama Staf Pengajar
  • Pengembangan Program Studi Agroekoteknologi di Fakultas Pertanian UNPAB
  • Pengembangan Program Studi Peternakan di Fakultas Pertanian UNPAB.
  • Kunjungan ke Laboratorium dan Laboratorium Lapang Fak,Pertanian
  • Kunjungan ke Laboratorium dan Laboratorium Lapang Fak,Perternakan

Rombongan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, berjumlah 21 orang  yang  terdiri dari Dekan Fakultas Pertanian Ibu Ir. Hj. Armaniar, MP,Ka.Prodi FP Bapak Andhika Putra, Dosen Ibu Ruth Riah AT Tarigan, Rosmaria Girsang, Bapak Fuad Hasan, Bapak Sandi Reksa Sukmana, dua asisten dosen dan 12 mahasiswa Fakultas Pertanian. Rombongan tersebut diterima oleh Pimpinan Fakultas Pertanian IPB, Fakultas Peternakan,  Wakil-wakil Dekan dan para Dosen.

Acara yang dilaksanakan pada studi banding ini adalah Dekan Fakultas Pertanian IPB dan Dekan Fakultas Peternakan IPB memberikan paparan mengenai program-program yang telah berjalan dan materi sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan FP UNPAB. Paparan dan diskusi mengenai hal-hal yang terkait IPB sampai dengan saat ini akan dijadikan acuan pengembangan oleh FP UNPAB.

Selain ke IPB Bogor, Tim Fakultas Pertanian UNPAB keesokan harinya tanggal 12 mei 2016 juga melakukan kunjungan ke SEAMEO BIOTROP (South East Asian Ministers of Education Organization), di Tajur. SEAMEO BIOTROP mempunyai tugas sebagai pelayanan jasa laboratorium pengujian. Salah satu tujuan utama SEAMEO adalah meningkatkan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya di Asia Tenggara. SEAMEO BIOTROP yang berlokasi di Indonesia merupakan Pusat di bawah SEAMEO yang bergerak dalam kegiatan riset dan pelatihan bidang Biologi Tropika, serta salah satu yang tertua dan terbesar disamping SEARCA dan INNOTECH di Filipina.

Balai Penelitian Ternak (BALITNAK) merupakan tujuan setelah mengunjungi SEAMEO BIOTROP dimana di BALITNAK merupakan Balai penelitian untul peternakan Ayam, Itik, Kelinci dan Domba. Dimana Balitnak saat sekarang ini telah megeluarkan produk hasil riset mereka diantaranya berupa ayam kampung Unggul (KUB), Pelatihan teknis Inseminasi Buatan Pada Ayam,  serta Produk Pakan Ternak

Dilanjutkan menuju Yayasan Bina Sarana Bakti Agatho yang bergerak di bidang pertanian organik. Yang sudah mengeluarkan poduk hasil tanaman organik. Dijelaskan oleh pihak agatho cara pola tanam yang menggunakan policulture sehingga dapat menekan serangan hama penyakit.

Dilanjutkan pada hari jum’at tanggal 13 mei 2016 ke  Balai Penelitian sayur (BALITSA) di Lembang disambut oleh kepala BALITSA dan Staf. Dimana Pimpinan BALITSA menerangkan tentang sistem pertanian yang baik dan menerangkan  hasil penelitian dari BALITSA yang  digunnakan oleh petani.

Terakhir kunjungan di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang disana kami diterima oleh Staff Perwakilan dari Balai disebabkan kepala balai sedang ada pertemuan dengan kepala daerah. Disana kami di mengunjungi lab. Pembuatan semen beku dan bull/pejantan yang digunakan untuk diambil semenya. BIB Lembag merupakan salah satu tempat pelatihan Inseminator yang banyak dilaksanakan oleh mahasiswa/Alumni program studi peternakan FP UNPAB.