KOMAPAL Unpab Peduli Sampah

  • redaksi   Kamis, 28 April 2016

Medan-UNPAB: Kehidupan kita sehari-hari banyak aktifitas kita yang menghasilkan sampah, dari bangun tidur hingga tidur lagi. Sampah berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yakni organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya.

Negeri kita adalah negeri dengan penduduk terbanyak ke 4 di dunia, lebih dari 200 juta jiwa penduduknya, yang semakin hari samakin bertambah jumlah kepadatan penduduknya. Sampah yang dihasilkan semakin banyak, apalagi sifat konsumtif yang dimiliki warganya. Jika setiap menghasilkan rata-rata 1 kg sampah setiap harinya, berapa banyak sampah yang dihasilkan oleh rakyat Indonesia.

Banyaknya limbah atau sampah yang setiap harinya diproduksi masyarakat, menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan yang ada di sekitar mereka. Segala macam usaha dilakukan pemerintah dan instansi swasta untuk menyelamatkan lingkungan dari tumpukan limbah sampah yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

 Untuk itu KOMAPAL (Korps Mahasiswa Pencinta Alam) dan Studi Lingkungan Hidup Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan menggelar  kegiatan seminar Daur Ulang Sampah dengan Tema “ Pemilihan dan Pemanfaatan Sampah Untuk Mengurangi Dampak Negatif” dan dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Daur Ulang sampah.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2016 dan diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari  MAPALASU (Mahasiswa Pecinta Alam Sumatera Utara), UKM Center Kota Medan, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), ORMAWA (Organisasi Mahasiswa ) Unpab, UKM Unpab serta mahasiswa/i di lingkungan Unpab.

Kegiatan Seminar tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor III Bidang Kemahasiswaan Samrin, SE., MM, dan dalam sambutannya mengatakan, “ Saya sangat bangga serta  apresiasi kepada KOMAPAL Unpab yang dengan antusias menyelenggarakan kegiatan positif seperti ini , kegiatan ini tentunya mendukung budaya Unpab yakni Budabsih dan Budabhe (Budaya Bersih dan Budaya Hemat Energi ). Saya berharap dengan kegiatan ini maka akan tumbuh kepeduliah kita semua terhadap lingkungan baik dilingkungan kampus maupun di luar sana” Kata Samrin

Kegiatan seminar tesebut diisi oleh pemateri Sonita Simangunsong, SH.,M.Si dan Muhammad Nersi Neilir serta dihadiri oleh Arma dari Bank Sampah, Rektor I Ir. Bhakti Alamsyah,MT.,PhD, Ka. Kemahasiswaan Adian Hakin,SP dan para Dosen di lingkungan Unpab.

 Sementara itu Ketua panitia  Dewangga Fakultas Ilkom Semster 8 ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita  bahwa sampah dapat  didaur ulang dan dapat menjadi peluang usaha baru yang bertujuan menyelamatkan lingkungan dari limbah sampah serta dapat meningkatkan solidaritas antar Mahasiswa,ORMAWA. HMJ , Mahasiswa Pecinta  Alam Sumut , dan UKM Center  yang berperan sebagai mitra wadah hasil karya kita”, tambah Dewa.